Tata Ibukota, Pemkab Siapkan TPU di Andoolo

KENDARINEWS.COM–Penataan ibukota Kabupaten Konawe Selatan, di Kecamatan Andoolo dilakukan bertahap. Salah satu yang ikut diperhatikan yakni terkait hadirnya tempat pemakaman umum (TPU). Tahun 2024 ini Pemkab Konsel  bakal menyiapkan insfratruktur tersebut.

“Penyiapan lahan untuk areal tempat pemakaman umum (TPU) khususnya di Ibukota Andoolo, yakni di Kelurahan Potoro, Alangga, Desa Andoolo dan sekitarnya hal yang penting. Dan akan kita siapkan,” ungkap Bupati Konsel H Surunuddin Dangga saat dikonfirmasi, kemarin.

Pasalnya, kebiasaan sejumlah masyarakat, jika ada warga yang meninggal, tempat pemakamannya dilakukan di belakang pemukiman warga. Dampaknya ke depan perluasan pemukiman akan terkendala dengan adanya makam warga.

“Tahun 2024 ini akan disiapkan satu tempat untuk lokasi pemakaman umum. Saat ini masih akan melakukan tinjauan, apakah di daerah Andoolo atau di daerah Baito,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, periode kedua sebagai Bupati, pembagunan infrastruktur diintensifkan dan dimaksimalkan. Termasuk penyiapan lahan untuk TPU bagi masyarakat di ibukota Kabupaten, harapannya dengan adanya TPU ini, pemakaman terpusat dan tidak lagi ada pemakaman di area pemukiman.

“Konawe Selatan sebentar lagi berusia 21 Tahun. Pembangunan yang terus disiapkan, baik itu infrastruktur jalan dan jembatan, perkantoran dan pembangunan Sumber Daya Manusia semakin meningkat dan terus dinikmati oleh masyarakat. Untuk itu penyediaan lahan TPU juga akan menjadi prioritas,” terangnya. (ndi)

Tinggalkan Balasan