Wakatobi Gelar FKAN II Dihadiri Raja se Nusantara

KENDARINEWS.COM–Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) II tahun 2023 resmi dibuka di Kabupaten Wakatobi. Kegiatan ini dihadiri langsung raja-raja serta utusan dari berbagai kerajaan di nusantara. Para peserta mengenakan pakaian kebesaran adat kerajaan masing-masing.

Festival kerajaan berlangsung selama tiga hari atau mulai tanggal 9-11 Desember ini. Pembukaannya berlangsung di Marina Togo Mowondu pulau Wangi-Wangi pada akhir pekan lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Wakatobi, H Haliana meminta agar raja dan tokoh-tokoh adat, senantiasa mendoakan Wakatobi. “Mohon doanya semoga seluruh masyarakatnya sehat sejahtera, pemerintahnya diberi kekuatan, kemudahan, serta kesuksesan, dalam menjalankan tugas pengabdian kepada masyarakat dan membangun daerah tercinta,” ujar H. Haliana.

Wakatobi-1 juga mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa lembaga adat sangat berperan penting mendukung laju gerak agenda-agenda pembangunan Wakatobi. Sehingga kata dia, pelaksanaan event ini merupakan wujud keberpihakan pemerintah kabupaten (Pemkab), untuk senantiasa memperkuat eksistensi komunitas adat. “Serta menjaga, melestarikan, melindungi adat istiadat, seni dan warisan leluhur,” tambahnya.

Sementara itu, Sekjen DPP Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN), Hj Raden Ayu Yani Waye Sulistyowati Keoswodidjoyo, mengapresiasi Pemkab Wakatobi serta kerja keras kepanitiaan, atas terselenggaranya FAKN ini di Wakatobi. “Saya berharap agar keanekaragaman budaya leluhur Wakatobi terus dijaga, untuk memberikan kontribusi positif pada daerah dan negara,” tukasnya.

Sekadar diketahui, Pembukaan berlangsung di Marina Togo Mowondu Wangi-Wangi yang dimeriahkan oleh barisan kirab budaya sepanjang puluhan kilo meter. Dan berbagai unsur lapisan masyarakat Wakatobi serta perwakilan kerajaan di Sulawesi Tenggara (Sultra). (thy)

Tinggalkan Balasan