Pemkot Siapkan 15 Titik Pasar Pangan Murah

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bakal menggelar Pasar Pangan Murah di lima belas titik di Kota Lulo. Penyelenggaraan pasar murah dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan warga. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari, Abdul Rauf mengatakan, pasar pangan murah merupakan agenda rutin pemerintah dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan panganya. “Pasar Pangan Murah masuk kategori Mandatory spending. Karena pangan ini adalah kebutuhan mendasar kita,” ungkapnya. 

Lanjut dia, lima besar titik pasar pangan murah akan dilaksanakan pada Oktober, November, dan Desember. Lokasinya menyasar kantor kelurahan termasuk beberapa titik keramaian atau disesuaikan dengan permintaan masyarakat. 

Mantan Kepala Dinas Sosial Kota Kendari ini menambahkan, dalam pasar pangan murah ini, pihaknya akan bertindak sebagai fasilitator. Adapun untuk eksekutor (penyedia bahan pangan) dipercayakan kepada distributor dan Perum Bulog. 

“Subsidi harga bahan pangan ditanggung oleh Pemerintah Pusat langsung ke distributor dan Perum Bulog. Jika masih sulit dijangkau, maka kita akan bantu lewat anggaran BTT (Belanja Tidak Terduga),” ungkap Rauf. 

Mantan Kabag Kesra Setda Kota Kendari ini berharap, melalui pasar pangan murah ini, kebutuhan pangan  masyarakat bisa terpenuhi sekaligus bisa mengurangi inflasi daerah yang saat ini tercatat sebesar 3,70 persen. (ags/kn) 

Tinggalkan Balasan