Ruksamin Raih Penghargaan Internasional dari Organisasi Perdamaian Dunia

KENDARINEWS.COM–The World Peace Organization (WPO), organisasi penggagas perdamaian dunia dalam bidang kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan, menggelar Malam Anugerah Tahunan yang dilaksanakan di Grand Sahid Hotel Jakarta, Minggu (27/8) malam.

WPO memberikan anugerah “World Peace Award” kepada beberapa tokoh nasional dan internasional. Salah satunya, Bupati Konawe Utara Ruksamin yang menerima penghargaan World Peace Award 2023 kategori “Chief Achievement”.

Presiden WPO Bambang Herry Purnomo mengatakan, penganugerahan Wordl Peace Award kepada Bupati Konawe Utara Ruksamin, didasari dedikasi Ruksamin yang menelurkan program gemilang dibidang sosial khususnya pada sektor kesehatan, pendidikan, kebudayaan, bencana alam, dan lain-lain.

Ia menjelaskan, sedikitnya beberapa cacatan 9 tim penilai atas prestasi Bupati Ruksamin memimpin Konawe Utara. Diantaranya, penanggulangan Covid-19 yang sangat tanggap dan sukses. Bahkan ketika salah satu warga Konut yang terpapar Covid-19 dan melarikan diri, Ruksamin tak segan-segan mendatangi langsung hingga ke menyusulnya di kebun dan berhasil dibujuk untuk menjalani isolasi.

“Kemudian saat banjir di Konut, Bupati Ruksamin tak hanya turun menyelamatkan warganya yang terjebak banjir, namun saat datang bantuan sembako, Ruksamin juga turut serta memikul berasal untuk melayani kebutuhan warganya,” kata Bambang Herry Purnomo,Senin (28/8).

Bupati Konawe Utara Ruksamin juga membangun prasasti perdamaian seluruh Paguyuban se Sulawesi Tenggara. Menunjukkan peran Ruksamin lebih menghidupkan suasana pemerintahan bersama masyarakat yang heterogen, agar terhindar dari sensitifisme konflik. Sejalan dengan misi perdamaian dunia.

“Ruksamin juga mengaktifkan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Sultra maupun kebudayaan dari luar. Bahkan budaya se Indonesia terakulturasi dalam kegiatan intens yang dikomandoi oleh Ruksamin selaku Ketua Komite Senin dan Budaya Nusantara atau KSBN Sultra,” tutur Bambang.

Bambang menambahkan, Pemerintah Konawe Utara dibawah kepemimpinan Ruksamin juga menelurkan program kamanusiaan seperti menggratiskan biaya pengobatan bagi seluruh masyarakat.

“Kemudian juga memberikan beasiswa bagi putra-putri Konut yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” tandas Bambang.

Sementara itu, Bupati Konut Ruksamin menututkan, penghargaan World Peace Award, ia persembahan untuk seluruh masyarakat Konawe Utara.

“Kerja-kerja saya selama ini berangkat dari rasa cinta saya yang mendalam untuk rakyatku di Konawe Utara. Maka yang kita raih ini, saya persembahkan utuh untuk masyarakat Konut,” kata Ruksamin.

Diketahui, selain Ruksamin, penerima chief achievement World Peace Award 2023 bertema “Bersama Mewujudkan Perdamaian Dunia” lainnya adalah eks Menko Kesra dan Pengentasan Kemiskinan Haryono Suryono. Lalu Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Mastura, Bupati Gowa Adnan Purichta, dan Rektor IPDN Hadi Prabowo.

Sementara dalam kategori lifetime achievement, WPO memberikan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden pertama RI Ir. Soekarno yang diwakili putranya, Guruh Soekarno Putra. Kemudian Penasihat Spiritual PBB Sri Chinmoy, mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, dan Paus Fransiskus dari Vatikan. (ali/kn)

Tinggalkan Balasan