‘Turun Gunung’ Pimpin Konsolidasi Nasdem, Surya Paloh: Kery Calon Gubernur Sultra

KENDARINEWS.COM–Langkah Kery Saiful Konggoasa menuju takhta Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai memantik perhatian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem). Bupati Konawe dua periode itu dipersiapkan NasDem untuk bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2024. Irama dukungan tersebut dikemukakan Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh saat ditemui awak media usai memimpin Orientasi Bacaleg NasDem Sultra di Claro Hotel Kendari, Senin (31/7).

Tak hanya Kery, Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh juga menyebut Tina Nur Alam sebagai Bakal Calon Gubernur Sultra 2024 mendatang. 

“Kery calon Gubernur dan juga Ibu Tina calon gubernur,” kata Surya Paloh sembari merangkul Kery. 

Merespon pernyataan Surya Paloh, Kery Saiful Konggoasa mengaku siap maksimal jika ditunjuk DPP NasDem untuk bertarung di Pilgub 2024. Ia berkomitmen bakal mengerahkan seluruh daya kemampuan agar memenangkan Pilgub yang digelar November 2024. 

“Tentunya sebuah berkah dan pelecut semangat mengabdi kepada masyarakat Bumi Anoa, jika DPP mengamanahkan saya untuk tampil di Pilgub 2024,” kata Kery Saiful Konggoasa, Senin (31/7). 

Namun demikian, kata dia, sebelum bertarung di Pilgub, ia terlebih dahulu maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI Dapil Sultra. Muaranya untuk membantu Partai NasDem mengumpulkan kursi di senayan. 

“Pada prinsipnya, kami senantiasa patuh pada ideologi Partai dan arahan Ketua Umun DPP NasDem Surya Paloh,” tandasnya. 

Dalam kegiatan orientasi Bacaleg NasDem Sultra,  Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh, turun “gunung” memimpin konsolidasi internal memantapkan perjuangan kadernya memenangkan Pemilu 2024.

Didampingi Ketua Umum Pemenangan Pemilu Wilayah Sulawesi Rachmat Gobel dan Ketua DPW NasDem Sultra Ali Mazi, Surya Paloh memberikan arahan khusus dengan muara mematangkan para Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) NasDem Sultra agar visioner dan gigih mewujudkan misi menang di Pemilu mendatang. Kegiatan politik yang berlangsung di Claro Hotel Kendari itu, dihadiri ratusan kader dan Bacaleg NasDem se Sultra. 

“Para kader wajib menjiwai karakter patriotisme untuk perubahan Indonesia yang lebih baik dan adil,” kata Surya Paloh saat membawakan materi orientasi Bacaleg NasDem Sultra. 

Surya Paloh mengaku kagum dan terkesima dengan militansi kader NasDem di Bumi Anoa (Julikan Provinsi Sultra) yang dinahkodai Ali Mazi. Menurutnya, kader NasDem di Sultra menunjukkan konsistensi tinggi dalam bekerja membesarkan Partai. Hal itu terlihat dari animo masyarakat bergabung dengan NasDem, yang jumlahnya terus bertambah. Kemudian intesitas para tokoh besar yang bergabung dengan NasDem juga sangat tinggi. 

“Ini bukti bahwa Partai NasDem dengan misi restorasi Indonesia sangat mudah diterima dan bersahabat dengan rakyat. Sehingga terdorong untuk sama-sama berjuang demi Indonesia yang maju dan bermartabat,” tutur Surya Paloh. 

Surya Paloh menginstruksikan semua kader partai NasDem di Sultra tidak hanya sekedar memiliki semangat, tetapi harus memiliki cita-cita yang besar. Atas dasar itu, target Pemilu 14 Januari 2024 harus besar. Berani dan bekerja keras mewujudkannya dengan optimal. 

“Melihat kader-kader NasDem di Sultra, saya merasa bangga dan bahagia. Harapan besar untuk memenangkan Pemilu 2024 sangat terpancar dari aura para kader. Saya optimis para kader bisa membawa NasDem di Sultra kampiun di Pemilu 2024,” beber Surya Paloh.

Surya Paloh mengisahkan keberhasilan Pemilu mulai 2014 dan 2019 lalu. Terbukti banyak kursi yang dimenangkan, baik tingkat DPR RI, DPRD Provinsi hingga Kabupaten dan Kota. 

“Keberhasilan di dua Pemilu sebelumnya mesti menjadi pelecut semangat untuk menorehkan kemenangan di Pemilu 2025,” tandasnya. 

Sementara itu, Ketua Umum DPW NasDem Sultra Ali Mazi menargetkan 3 kursi pada Pemilu 2024. Ia menilai kandidat Bacaleg DPR RI daerah pemilihan (Dapil), sangat mumpuni. Selain dirinya yang bertarung, nama-nama lain yakni, anggota DPR RI Tina Nur Alam, ;upati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Ana Susanti, Sabri Manomang dan mantan Bupati Muna Barat, Rajiun Tumada. 

“Saya sangat optimistismeraih tiga kursi,” kata Ali Mazi. 

Target tiga kursi tersebut, bukan khayalan kosong. Namun telah melalui telaah dan penalaran yang matang.  Semua berbagi peran dan tugas untuk memenangkan tiga kursi DPR RI.

“Masing-masing diberikan target suara yang harus dicapai. Dan untuk memperoleh tiga kursi sedikitnya minimal memperoleh 600 ribu suara. Jumlah itu bukan sedikit, namun kita bisa peroleh jika kita semua bergerak,” imbuhnya. 

Ali Mazi mengajak seluruh kader NasDem untuk menjaga keharmonisan di tubuh internal partai. Kekompakan dan jalinan persaudaraan antara sesama kader, merupakan denyut nadi untuk membesarkan partai. Dengannya pula, beragam visi misi yang dicanangkan dapat terealisasi dengan baik. 

“Kekuatan sinergi dan akselerasi sangat penting untuk menghidupkan mesin partai dalam bekerja. Substansinya, bersatu padu dan kokoh kendati sebesar apapun tantangan politik yang menghadang,” ujar Ali Mazi. 

Gubernur Sultra dua periode itu meyakini NasDem akan menjadi partai pemenang di pemilu 2024. Hal itu ditopang dengan kekuatan sumber daya manusia dan ideologi pancasila sebagai mainstream politik dalam bekerja di tengah-tengah masyarakat. 

“Tak kalah pentingnya, seluruh kader harus ikut andil bekerja membantu pemerintah,” tandas Ali Mazi. 

Terpisah, pengamat politik Sultra Dr Najib Husain mengatakan, Berkaca dari Pemilu sebelumnya, presentasi pencapaian Partai NasDem di Sultra dalam memenangkan suara rakyat masih kurang optimal. Atas dasar itu, kedatangan Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh, pasti membawa energi baru bagi kader dan nuansa perpolitikan di Sultra yang lebih bergairah. 

“Energi baru yang dimaksud disini bagaimana Ketua Umum NasDem Sultra Ali Mazi yang juga menjabat sebagai Gubernur Sultra melalui kunjungan Surya Paloh, bisa membawa partainya mengukir kejayaan. Sebagaimana misalnya Gubernur Nur Alam dulu membawa PAN berjaya. Artinya, pengaruh dari ketokohan jabatan apalagi sekelas Gubernur sangat sentral dalam upaya menarik simpati rakyat,” kata Dr. Najib Husain. 

Doktor jebolan Universitas Gajah Mada ini menjelaskan, salah satu tugas penting Ali Mazi, bagaimana mengokohkan internal NasDem Sultra terutama pada aspek harmonisasi kekompakan sesama kader mulai tingkat DPW, DPD, DPC hingga anak ranting. Ali Mazi selaku Ketua DPW NasDem juga mesti lebih intens dalam melakukan konsolidasi bersama kader di 17 Kabupaten dan Kota. Hal itu untuk membangun kekuatan besar mematangkan persiapan menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024. 

“Memang tidak salah ketika Ali Mazi lebih banyak fokus sebagai Gubernur Sultra. Namun harus dipikirkan bagaimana membangun NasDem agar bisa berjaya di Bumi Anoa. Sehingga ada keseimbangan optimal antara jabatan sebagai Gubernur dan Ketua Partai,” tandasnya. (ali/kn)

Tinggalkan Balasan