Hari Ini, Jamaah Haji Sultra Kembali ke Tanah Air

KENDARINEWS.COM–Jamaah haji Indonesia asal Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dijadwalkan akan kembali ke tanah air Indonesia mulai hari ini tanggal 21 Juli 2023. . Seluruh persiapan kepulangan para jemaah telah disiapkan secara matang. Bahkan pemeriksaan kesehatan secara rutin terus dilakukan. 

Sesuai jadwal, para jemaah asal Sultra akan menuju embarkasi Makassar dan tiba pada 22 Juli. Kemudian, pada 23 Juli mereka akan tiba di Bandar Udara Halu Oleo Kendari.

Saat ini, para jemaah asal  Sultra khususnya kloter 24 terus memanfaatkan waktu luang sebelum kepulangan dengan melaksanakan berbagai amalan-amalan ibadah selama berada di tanah suci.  Termasuk diantaranya ziarah ke Raudah Makam Rasulullah, Makam Abu Bakar, dan Umar Bin Khattab.

Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, yang juga Petugas Haji Daerah (PHD), Asrun Lio mengucapkan rasa sukur tak terhingga kepada Allah SWT karena sebelum jadwal kepulangan ke tanah air, para jamaah haji kloter 24 selalu diberikan kesempatan melakukan berbagai ibadah-ibadah lainnya.  Termasuk yang tersitimewa yakni seluruh jamaah haji kloter 24 bisa ziarah ke makam baginda Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

“Alhamdulillah, seluruh jamaah kloter 24, kemarin sekitar pukul 15.10 waktu Madinah, telah selesai melaksanakan ziarah di Raudah tepatnya di Makam Rasulullah SAW, Makam Abu Bakar, dan Makam Umar Bin Khattab. Saat ziarah, jamaah juga melakukan salat sunah muthlak dua rakaat, memperbanyak zikir, memohon doa dan ampunan dari Allah serta memperbanyak salawat kepada baginda Muhammad SAW,” kata Asrun Lio.

Sebagai petugas haji, kata Asrun, selain bisa ikut melaksanakan ibadah haji dan umroh, terpenting adalah bagaimana membantu kesiapan para jamaah kloter 24 yang rata-rata dominan lanjut usia. Bagaimana memastikan para jamaah dapat mengikuti seluruh rangkaian haji dan umrah dengan baik. Tentunya melalui kesehatan yang prima atas izin Allah SWT serta doa dari seluruh masyarakat Sultra.

“Ibadah haji dan umroh termasuk melakukan ziarah ke makam baginda Rasulullah SAW merupakan keinginan serta impian banyak orang, utamanya kaum muslim. Untuk itu, kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para jamaah, termasuk kloter 24 dalam melaksanakan amalan-amalan ibadah yang telah menjadi impiannya. Semoga Allah SWT menerima seluruh ibadah haji dan umroh kita. Aamiin,”tuturnya.

ia menjelaskan, berdasarkan jadwal yang diterima, para jemaah asal Sultra bakal kembali ke tanah air pada 21 Juli (hari ini,red).  Dimana para jemaah haji kloter 24 asal Sultra bakal diberangkatkan dari Madinah menuju embarkasi Makassar  pada 21 Juli dan  tiba  di embarkasi Makassar tanggal 22 Juli 2023.

“Nanti pada tanggal 23 Juli, para jemaah dari kloter 24 Sultra  akan berangkat dari Makassar menuju ke Kota Kendari.   Insyaalah bila tak ada halangan k para jemaah haji Sultra akan tiba pada pukul 12.OO Wita di bandara udara Halu Oleo Kendari,”jelasnya.

Setelah tiba nanti,  sesuai jadwal, para jemaah akan diarahkan ke asrama haji Kota Kendari. Setelah dari asrama haji,  mereka akan diserahkan ke keluarga, agar tidak ada penumpukan jemaah.

“Jadi untuk jadwal dan prosedur pemulangan para jemaah haji telah diatur. Kita berharap semua berjalan aman, lancar dan para jemaah asal Sultra bisa sampai dengan selamat ke Sultra sehingga bisa kembali berkumpul bersama keluarga,”  ungkapnya.

Jenderal ASN ini pun turut mendoakan agar umat muslim di Sultra dapat segera diamanahkan langkah dan niatan guna melaksanakan ibadah haji maupun umroh di tanah suci mekah.

“Dalam keberangkatan haji dan umroh, para jamaah juga dibimbing untuk tidak lupa mendoakan seluruh masyarakat Sultra agar selalu dalam keadaan aman dan kondusif, tetap harmonis dan bersatu padu. Apalagi kita akam menghadapi sejumlah momen penting, diantaranya pesta pemilu. Untuk itu, mari tetap jaga kekompakan dan kebersamaan sehingga aktivitas keseharian berjalan sebagaimana biasanya dalam ridho Allah SAW. Aamiin,” harapnya.(rah/kn)

Tinggalkan Balasan