Wabup Rasyid: Desa Harus Manfaatkan Inovasi Teknologi Tepat Guna

KENDARINEWS.COM—Wakil Bupati Konawe Selatan, Rasyid berharap kepada para kepala desa di wilayahnya agar memanfaatkan dan mengembangkan teknologi tepat guna, yang dapat melahirkan inovasi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

“Pemanfaatan inovasi teknologi tepat guna bisa berjalan dengan baik dan tepat sasaran serta dapat mengefisiensikan penggunaan anggaran menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat,” kata Rasyid usai mengikuti Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (G-TTGN) ke-XXIV tahun 2023 di Provinsi Lampung, kemarin.

Lebih lanjut ia menyampaikan rasa bangganya karena pemerintah daerah Konsel turut andil dalam momentum TTGN tahun ini. Ia berharap transfer teknologi dapat diserap dan terapkan di daerah.

“Apalagi kondisi geografis dan geologis daerah lain termasuk Provinsi Lampung agak mirip dengan yang ada di Kabupaten Konawe Selatan. Sehingga inovasi inovasi yang lahir dapat bermanfaat secara luas,” tandasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel, Anas Mas’ud menjelaskan G-TTGN merupakan puncak dari rangkaian kegiatan penilaian terhadap pengelolaan pusat layanan teknologi tepat guna (posyantek) pada tingkat desa, kecamatan.

“Kegiatan G-TTGN menjadi ajang untuk para inovator menampilkan peralatan teknologi tepat guna (TTG) yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan berbiaya murah. Peralatan TTG yang dibutuhkan adalah berbasis pengolahan hasil produksi masyarakat yang dapat mempermudah, mempercepat atau meningkatkan nilai ekonomi dan produksi dan anggaran minim,” jelasnya.

Puncaknya, lanjut Annas, adalah posyantek dan inovator diberikan apresiasi terhadap peralatan TTG yg ditampilkan dan mendorong ditingkat desa untuk memberikan sukses dalam pengelolaan lingkungan.

“Pada pameran ini, Kabupaten Konawe Selatan menampilkan alat TTG berupa pengatur lampu jalan cerdas, dimana alat yang ditampilkan telah di implementasikan dibeberapa desa yg memiliki lampu jalan desa. Saat pagi hari lampu jalan akan padam secara otomatis, sehingga memberikan penghematan dari penggunaan listrik,” terang Anas. (ndi/kn)

Tinggalkan Balasan