Peringati Harkitnas, Wagub: Semangat Mewujudkan Sultra Kuat dan Tangguh

KENDARINEWS.COM–Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas memimpin upacara peringatan Harkitnas kemarin. Menurutnya Harkitnas masih relevan dengan kondisi daerah dan bangsa saat ini. “Semangat bergerak dinamis dengan kekuatan solidaritas dan gotong royong untuk membangun hendaknya harus dirawat dan dijaga menuju kebangkitan Indonesia yang lebih tangguh, lebih kuat dan maju,” ujar Wagub Lukman.

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra itu menekankan peringatan Harkitnas ke-115 tahun 2023 merupakan momentum menghidupkan semangat kebangkitan, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan di sektor strategis daerah Sultra dan nasional.

“Pemerintah memaknai peringatan Harkitnas ke-115 sebagai upaya untuk membangkitkan semangat kebangsaan dalam menghadapi tantangan di berbagai sektor. Mari kita tunjukkan semangat kebangkitan dan dedikasi kita dalam mewujudkan cita-cita daerah dan bangsa ini,” kata Wagub Lukman.

Mantan Bupati Konawe 2 periode itu menegaskan, kebangkitan Indonesia di tengah krisis global juga tercermin melalui peran aktif dalam berbagai forum internasional. Sebut saja, Indonesia memimpin Presidensi G20 yang beranggotakan 20 negara/entitas regional.

Selain itu, bangsa Indonesia menjadi ketua forum ASEAN pada tahun 2023. “Kepercayaan yang tinggi dari dunia internasional terhadap Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyongsong masa pasca pandemi Covid-19 sekaligus perjalanan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045,” tutur Wagub Lukman.

Menurutnya, berbagai pencapaian dalam mengatasi tantangan global harus terus dipertahankan dan ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia. “Kita harus mensyukuri setiap langkah kemajuan, perbaikan, dan bahkan pelajaran yang kita peroleh dari perjuangan kita,” jelas Wagub Lukman.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra itu mendorong semua pihak untuk bersama-sama berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus maju dengan semangat untuk bangkit.

“Mari bahu-membahu menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, mulai dari kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik,” pungkas Wagub Lukman. (rah/kn)

Tinggalkan Balasan