Kunjungi Lokasi Kebakaran di Pasar Lainea Konsel, Wabup Rasyid: Insya Allah Ditindaklanjuti

KENDARINEWS.COM–Bencana Kebakaran yang terjadi di desa Pamandati Kecamatan Lainea, Kabupaten Konawe Selatan. Tepatnya di pasar Lainea, Selasa (16/5) kemarin menyisakan duka yang mendalam bagi para korban.

Olehnya itu dalam upaya meringankan beban mereka, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan hadir ke lokasi kejadian. Hal tersebut bentuk nyata perhatian pemerintah kepada masyarakat.

Wakil Bupati Konsel, Rasyid bersama kepala BPBD Konsel Asruddin, pihak Dinas Sosial Konsel, Camat Lainea, Pemerintah Desa, pihak kepolisian dan rombongan terkait lainnya mengunjungi lokasi kebakaran, Rabu (17/5) pagi.

“Penjelasan masyarakat setelah kami bersama-sama dengan tim dari BPBD, Dinsos, Camat, Desa, termasuk Kapolsek dan tokoh-tokoh masyarakat, kebakaran itu bersumber dari arus listrik. Karena disitu ada KWh yang terindikasi sudah lama itu yang meledak. Dan dari situlah proses api menjalar ke bangunan bangunan lainnya,” ungkap Wabup Rasyid saat dikonfirmasi melalui telepon.

Lebih lanjut ia mengungkapkan kondisi bangunan di lokasi kejadian saling berdekatan. Menyebabkan dua tempat tinggal terbakar kemudian sejumlah bangunan los atau kios juga terbakar. Beruntung cepat diantisipasi dengan merobohkan lapak lapak yang lain. Kalau tidak, kata ia, api bisa saja menjalar lebih luas dan masuk ke wilayah pemukiman yang lebih padat.

“Dari dua rumah itu, satu rumah milik pak Andi Sudirman habis total sementara satunya masih bisa diselamatkan tapi sudah kategori rusak juga karena sudah dibongkar. Kami juga masih mendata korban korban lainnya,” imbuhnya.

Pemda Konsel telah menyalurkan bantuan stimulan awal seperti makanan dan kebutuhan pokok lainnya. Saat ini, lanjutnya, BPBD Konsel di bawah kendali Asruddin tengah menghitung kerugian yang ditimbulkan.

“BPBD sementara menghitung dan mengerjakan laporannya. Prosesnya nanti harus ada persetujuan pak Bupati karena beliau sementara diluar kota menghadiri kegiatan yang sangat penting. Pasca pak Bupati datang InsyaAllah akan ditindaklanjuti, laporannya sementara dikerjakan bersama Dinsos Konsel,” terangnya. (ndi/kn)

Tinggalkan Balasan