Bupati Konsel Pantau Arus Mudik di Dua Pelabuhan Penyebrangan

KENDARINEWS.COM — Bupati Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga memantau langsung arus mudik di dua lokasi pelabuhan di daerahnya. Yakni Pelabuhan Penyebrangan Torobulu Kecamatan Laeya dan Pelabuhan Amolengu Kecamatan Kolono Timur, Rabu (19/4) kemarin.

Konsel-1 itu tak sendiri, ia didampingi Wabup Rasyid, Kadis Perhubungan Konsel Budi Yuliarto, Kadis Kesehatan dr Boni Lambang Pramana, dan Kadis Perindag Saribana. Kemudian unsur Forkopimda, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo, Danpol Airut A. Adnan, Pabung Konsel Letkol Abdullah serta unsur terkait lainnya.

Bupati dan rombongan meninjau pos pengamanan dan pelayanan Kepolisian Terpusat (Ketupat), dan turun langsung mengecek kondisi di lapangan. Dikesempatan tersebut, Bupati Surunuddin bersama rombongan melihat langsung kondisi para penumpang diatas kapal. Ia mengatakan peninjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan pos pelayanan dan pengamanan mudik dan balik jelang hari Raya Idul Fitri tahun 2023.

“Pemda Konsel sebenarnya hanya penanggungjawab wilayah, pengelolaan sebenarnya ini gawean Provinsi. Namun sebagai pemerintah setempat tentu kami juga tidak tinggal diam. Kami juga ingin pastikan masyarakat yang melintas di wilayah konsel tetap aman,” kata Bupati dua periode itu.

Setelah melihat kondisi di dua lokasi penyebrangan arus mudik, mantan Ketua DPRD Konsel itumeminta agar ASDP ikut menerapkan penjualan tiket online. Sehingga para penumpang dapat mudah mengaksesnya. Disamping itu agar para penumpang tidak menunggu begitu lama di pelabuhan.

“Masyarakat saat ini membutuhkan tiket serta jadwal kapal secara online. Karena pada saat ingin mudik ke kampung halamannya dapat mengakses secara mudah melalui internet, sekarangkan sudah era digital segala sesuatu diakses melalui internet,” harapnya.

Sebab lanjut dia, apabila penjualan masih manual, tentunya akan berdampak kepada para penumpang yang bisa tidak mengetahui apabila tiketnya habis. Berdampak pula pada membludaknya penumpang di pelabuhan.

“Dengan menggunakan sistem online tentunya akan memberikan kemudahan terkait dengan jumlah, tersedianya tiket serta jadwal dengan melalui telepon genggamnya. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya calo serta adanya tiket palsu,” terang Surunuddin.

Kepada penumpang, Surunuddin berpesan agar tetap menjaga keselamatan dan kesehatan baik saat mudik maupun balik.

“Kita berharap semua pemudik selamat baik saat mudik maupung balik lagi, serta tetap sabar, saya juga mengucapkan terimakasih kepada unsur forkopimda yang telah bersama-sama mengatur arus mudik,” ungkapnya. (ndi)

Tinggalkan Balasan