Memajukan Ekonomi Daerah, Isi Ekspose KADIN di Dua Tahun Kepemimpinan Anton Timbang

KENDARINEWS.COM– Sederet prestasi Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sultra Anton Timbang tertuang dalam ekspose 2 tahunan yang dilaksanakan, Senin (10/4). Semangat misi satu hati bangkitkan ekonomi, Kadin Sultra berkontribusi besar mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. 

Ketua Umum Kadin Sultra Anton Timbang mengatakan, Kamar Dagang dan Industri adalah rumah bersama para pengusaha indonesia untuk mengembangkan dunia usaha. Membahas permasalahan dihadapi, merumuskan solusi dan mengembangkan gagasan untuk kemajuan bersama.  Negara telah menjamin eksistensi Kadin dalam undang-undang nomor 1 tahun 1987.

“Acara ini merupakan refleksi perjalanan 2 tahun Kadin sulawesi tenggara periode 2021-2026 di masa kepemimpinan saya. 

Ekspose 2 tahun kadin Sultra bertujuan untuk  menyampaikan berbagai hal. apa yang telah dan akan kadin Sultra lakukan selanjutnya,” kata Anton Timbang, Senin (10/4). 

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sultra itu menjelaskan, pengalaman ekspose tahu sebelumnya, banyak mendapat masukkan dan respon positif.

Dampaknya, semakin banyak kerjasama yang dilakukan, termasuk pelibatan Kadin sultra dalam beberapa program pemerintah daerah bahkan pemerintah pusat. Demikian pula ajakan dari berbagai asosiasi pengusaha untuk melihat berbagai permasalahan dunia usaha di Sultra.

Yang sangat menarik, beberapa pengusaha dan UMKM yang tadinya belum berafiliasi dengan Kadin Sultra, kini sudah bergabung dan kadin memfasilitasi untuk pengembangan usaha dan perluasan kerjasama pemasaran.

“Untuk itulah, ekspose 2 tahun kadin sultra dengan tema satukan hati bangkitkan ekonomi Sultra. Dalam implementasinya, Kadin Sultra  mengutamakan kolaborasi dan sinergitas untuk kebangkitan menuju kemandirian dunia usaha Sultra,” jelasnya. 

Menurut Anton, peran dan fungsi Kadin harus terus ditingkatkan. Kadin harus adaptif menghadapi dinamika perekonomian dalam berbagai situasi, untuk meningkatkan sinergitas, konsolidasi daerah dengan Kadin Kabupaten dan Kota terus dilakukan. Konsolidasi Kadin Indonesia dengan Presiden dilakukan pada tanggal 23 agustus 2022. Selanjutnya ditindaklanjuti dengan konsolidasi Wilayah Sulawesi melalui Rakorwil Sulawesi pada tanggal 16-17 September 2022 di Manado dan konsolidasi nasional melalui Rapimnas 2 desember 2022 di jakarta.

Diketahui dalam HUT Kadin Sultra, hadir Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Sekda Kendari Ridwansyah Taridala, Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin dan Kakanwil Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba. (ali/kn). 

Tinggalkan Balasan