Jalan Sehat BUMN Sukses

–Warga Kendari, Konsel dan Konkep Antusias

KENDARINEWS.COM–Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sukses menyelenggarakan event jalan sehat di Kota Kendari, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Konawe Kepulauan (Konkep). Jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 digelar serentak, Minggu (12/3), kemarin.

Di Kota Kendari, seribuan warga berpartisipasi. Sejak pagi, warga berjubel di pelataran Sultra Safety Driving Center (SSDC) eks MTQ. Tiga anak perusahaan BUMN yakni Perum Bulog, PT. BNI (Persero), dan PT.Askrindo menjadi penanggung jawab jalan sehat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu diwakili Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM), Alda Kesutan Lapae melepas peserta jalan sehat. Pj.Wali Kota, Asmawa melalui Alda Kesutan Lapae mengapresiasi pelaksanaan event jalan seht BUMN.

“Event jalan sehat ini menunjukkan BUMN melalui anak perusahaannya berkontribusi dalam menopang roda perekonomian bangsa. Event jalan sehat ini membawa berkah bagi pelaku UMKM. BUMN menghadirkan stan bahan pangan dan layanan produk pengembangannya,” kata Alda mengutip kata sambutan Pj.Wali Kota Kendari, Minggu (12/3), kemarin.

“Kreativitas BUMN ini merupakan bentuk literasi BUMN dalam mengedukasi masyarakat akan berbagai produk, karya dan kebijakan strategis yang berpihak pada rakyat untuk Indonesia maju,” sambung Alda.

Ia menambahkan, jalan sehat BUMN ini bermuara pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), terutama berkaitan peningkatan dejarat kesehatan masyarakat. Hal ini tentu saja berkorelasi langsung dengan upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat IPM Kota Kendari tahun 2022 sebesar 84,51 poin. capaian ini menempatkan IPM Kota Kendari berada pada peringkat empat nasional dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia dan IPM tertinggi di Provinsi Sultra,” tutur Alda.

Di sisi lain, kata Alda, jalan sehat HUT ke-25 BUMN yang mengangkat tema “Bersama BUMN Menuju Indonesia Sehat” selaras dengan progam pembangunan Kota Kendari dalam bingkai “Kendari Bergerak”.

“Kendari Bergerak diimplementasikan dalam mewujudkan Kota Kendari yang bersih dalam perspektif kebersihan lingkungan hidup dan penyelengaraan pemerintahan. Penopang kendari bergerak lainnya adalah konsep gesit (kreatif dan inovatif), menghadirkan nuansa keramahan, asri dan kondusif,” tutup Alda.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Sultra, Siti Mardati Saing mengatakan, jalan sehat BUMN ini bertujuan untuk merefleksi kembali pengabdian BUMN terhadap negara. Lebih dari itu, event ini menjadi bagian dari implementasi AKHLAK BUMN yakni mengandung arti BUMN yang selalu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Akhlak ini adalah budaya kerja BUMN. BUMN akan selalu senantiasa memberikan yang terbaik untuk masyarakat Sultra,” ujar Siti Mardati Saing sembari berharap, momentum peringatan HUT BUMN ini bisa membawa berkah bagi seluruh masyarakat Sultra.

Senada, Pemimpin Bisnis PT.BNI (Persero) Cabang Kendari, Parno mengapresiasi suksesnya jalan sehat HUT BUMN ini karena masyarakat sangat antusias. “Kita saksikan bersama, masyarakat bahagia ikut kegiatan ini. Pelaku UMKM juga ketiban rezeki. Dagangan mereka laris diborong peserta jalan sehat. Tentu ini sangat baik bagi UMKM dan perekonomian daerah secara umum,” ujarnya.

Suksesnya jalan sehat membuat Parno optimistis event serupa kembali digelar di Sultra, bahkan dengan skala yang lebih besar. “Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Harian Kendari Pos yang membantu menyukseskan jalan sehat. Kita akan selalu menjadi mitra yang baik untuk event-event selanjutnya,” kata Parno.

Sementara, Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin menyampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN melalui anak perusahaannya di Sultra yang memercayakan penyelenggaraan kegiatannya kepada Kendari Pos. Sukses jalan sehat tahun ini menjadi awal dari sukses penyelenggaraan event selanjutnya.

“Kami berkomitmen menyukseskan seluruh kegiatan BUMN. Ke depan masih banyak program yang bisa kita sinergiskan untuk mempererat kemitraan dan memperkenalkan beragam produk dan layanan BUMN,” ujar Awal Nurjadin.

Salah satu peserta jalan sehat, Ayu mengatakan, sangat antusias mengikuti jalan sehat. Ia bersama temannya hadir sejak pagi. “Saya hadir lebih awal supaya tidak ketinggalan untuk jalan sehat,” ujarnya.

Di Konsel : Surunuddin-BUMN Berkolaborasi Membangun Daerah

Jalan sehat HUT ke-25 BUMN di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) diramaikan seribuan masyarakat. Sejak pagi, Minggu kemarin, masyarakat berjubel. Mereka bubar setelah pengundian kupon hadiah di Lapangan Sorumba, Kecamatan Ranomeeto. Bupati Konsel, Surunuddin Dangga melepas peserta jalan sehat setelah menerima obor olahraga dari pihak BUMN.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengungkapkan, BUMN telah berkontribusi dalam pembangunan daerah dan bangsa ini. Ia berharap di usia 25 tahun, BUMN terus maju dan jaya. Selalu bersama rakyat membangun negeri.

Bupati Surunuddin menuturkan, jauh sebelumnya ia bersama BUMN telah berkolaborasi mendorong pembangunan daerah Konsel. Baik dari segi infrastruktur, peningkatan ekonomi masyarakat seperti pembinaan pelaku UMKM dan program sosial lainnya.

“Kabupaten Konsel satu-satunya daerah di Sultra yang telah meneken MoU dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Sehingga diturunkanlah beberapa holding BUMN, seperti PNM, Pegadaian, Biofarma, Dahana dan BNI dan beberapa BUMN lainnya, ” ujar Bupati Surunuddin, Minggu (12/3), kemarin.

Menurutnya, di era saat ini kebersamaan dan sikap kolaboratif dengan BUMN sangat penting dalam mendorong peningkatan ekonomi daerah. PT.BNI misalnya, melalui program dana Kredit Usaha Rakyat (KUR). Lalu, PT. Bio Farma Group berkontribusi dalam hal ketahanan kesehatan masyarakat serta PT.Dahana dari segi infrastruktur di Konsel.

“Karena APBD kita tidak kuat untuk mendorong ekonomi daerah, karena fokusnya pada pemerintahan saja. Sehingga berkolaborasi dengan BUMN ini, maka ekonomi masyarakat kita terbantu. Misalnya program KUR dari BNI kemarin itu mencapai Rp35 miliar satu desa,” kata Bupati Surunuddin.

Bupati Konsel dua periode ini menjelaskan, salah satu strategi dalam membangun perekonomian daerah adalah membangun kerja sama dengan semua pihak, termasuk lembaga BUMN. “Kami harapkan sinergisitas dan kerja sama antara Pemkab Konsel dan BUMN semakin meningkat. Salah satunya dengan pembinaan terhadap dunia usaha di Konsel,” tuturnya

Olehnya itu, Bupati Surunddin mengapresiasi jalan sehat HUT BUMN. “Apalagi kita baru saja terbebas dari pandemi Covid-19. Agenda-agenda semacam ini hendaknya berkesinambungan. Pemkab Konsel terus memotivasi masyarakat untuk hidup sehat. Terima kasih kepada BUMN yang telah menggelar jalan sehat di Konsel,” tutupnya.

Sementara itu, perwakilan dari salah satu BUMN, Andi Muh. Cakra mengatakan, BUMN dibawah kendali Menteri Erick Thohir berkomitmen mendorong ekonomi daerah, termasuk di Konsel.

“Segala hal perekonomian dan sosial budaya, khususnya di Konsel ini tidak lepas dari sentuhan BUMN. Contohnya, seperti holding ultra mikro yang di dalamnya ada BRI, BNI, dan Pegadaian mendorong perekonomian masyarakat di Konsel, terutama dalam pemberian permodalan pelaku UMKM. Termasuk PT.Bio Farma dan Dahana,” ujar Andi Muh.Cakra.

Ia mengapresiasi dan berterimakasih atas dukungan Pemkab Konsel, Event Organizer (EO) Kendari Pos serta semua pihak sehingga jalan sehat HUT BUMN di Konsel berlangsung sukses.

Kepala Departemen Gadai Area Kendari, Rustam mengatakan sebagai bentuk suport kegiatan jalan sehat, pihaknya menyiapkan beberapa hadiah bagi peserta jalan sehat. Sebut saja, 5 gram emas dan tabungan emas.

“Tapi yang terpenting dari kegiatan ini adalah dari seluruh anggaran kegiatan, Pegadaian memiliki andil besar yakni sekira 70 persen, Bio Garma 30 persen dan Dahana 20 persen,”ujarnya.

Di Konkep : Amrullah Apresiasi Kontribusi BUMN untuk Negeri

Dua dekade lebih Kementerian BUMN RI turut andil dalam pembangunan negeri. Di usianya yang ke-25 tahun, BUMN menggelar jalan sehat secara serentak seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Tiga gabungan BUMN-PT. Pegadaian, PT.Permodalan Nasional Madani (PNM) dan PT.Dahan-plus Event Organizer Kendari Pos menyukseskan jalan sehat di Konkep, Minggu (12/3), kemarin.

Jalan sehat dibuka dan dilepas oleh Bupati Konkep, Amrullah dan didampingi Wakil Bupati Konkep, Andi Muh.Lutfi di lapangan TPI Langara. Bupati Konkep, Amrullah mengatakan, BUMN telah melewati lorong waktu selama seperempat abad.

“Tak terhitung lagi karya BUMN yang dipersembahkan untuk negeri ini dan rakyat Indonesia. Dinamika dan tantangan yang silih berganti menerpa, berhasil dijawab dengan karya demi pengabdian untuk bangsa ini,” ujar Bupati Amrullah.

Menurutnya, jalan sehat ini merupakan ikhtiar untuk lebih mendekatkan BUMN kepada masyarakat melalui berbagai produk dan layanan yang disediakan. Bupati Konkep dua periode itu menjelaskan, jalan sehat BUMN yang mengangkat tema “Bersama BUMN Menuju Indonesia Sehat” selaras dengan progam pembangunan Konkep dengan tagline “Wawonii Bangkit, Masyarakat Sejahtera Dalam Bingkai Lingkaran Hati Emas”.

“Tagline Wawonii Bangkit ini dipersembahkan untuk mengakselerasi pembangunan Pulau Wawonii (Wawonii, nama Kabupaten Konkep sebelum otonomi, red) yang melibatkan semua pihak dalam sinergisitas pentahelix. Wawonii Bangkit diimplementasikan dalam mewujudkan Wawonii yang berkembang kompetitif dan tangguh,” jelas Bupati Amrullah.

Jalan sehat BUMN ini akan melahirkan tubuh sehat dan jiwa yang kuat sebagaimana ungkapan latin “mens sana in corpore sano”. “Indikator yang mendukung itu adalah Pemda Konkep dan masyarakat berhasil melewati badai pandemi covid-19. Kekuatan jiwa mampu melahirkan individu-individu yang konsisten berinovasi, mandiri dan kompetitif,” tutur Bupati Amrullah.

Sementara itu, perwakilan Pegadaian Cabang Kendari, Syamsul Tasman, mengatakan, jalan sehat HUT BUMN ini sebagai bentuk kehadiran dan kepedulian kepada masyarakat sekaligus untuk mendekatkan BUMN dengan masyarakat Konkep. Dia mengapresiasi dukungan Pemkab Konkep, EO Kendari Pos dan masyarakat Konkep sehingga kegiatan jalan sehat HUT BUMN berjalan sukses.

“Kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan melalui jalan sehat. Selain itu, meningkatkan literasi inklusi keuangan khususnya untuk ketiga BUMN yakni PT.Pegadaian, PT.PNM dan PT.Dahana,” ujar Syamsul.

Pemenang hadiah utama sepeda listrik, Alamsyah, mengataku excited mengikuti jalan sehat ini karena selain mendapatkan kesehatan, ia juga mendapatkan hadiah. “Alhamdulillah, saya dapat hadiah sepeda listrik dan tidak menyangka akan mendapatkan hadiah utama. Malah saya hampir pulang karena tidak yakin akan dapat hadiah,” ujarnya.

Salah satu peserta jalan sehat, Winda mengaku, sangat antusias mengikuti jalan sehat. Ia bersama enam rekannya hadir sejak pagi. “Kita berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan, ” ujar wanita asal Konsel itu. (jib/b)

Tinggalkan Balasan