Sama Tahun Lalu, Dana BOSP Mubar Rp16 Miliar

KENDARINEWS.COM–Dana Bantuan Operasional Satuan Pen­didikan (BOSP) buat SD dan SMP di Ka­bupaten Muna Barat tahun 2021 masih be­lum bertambah. Nominalnya masih sama tahun sebelumnya Rp 16 miliar. Dana itu dicairkan dua tahap tahun ini, sebelumnya empat tahap.

Informasi itu disampaikan Manajer BOSP Mubar, Sudarmawan. Katanya, nilai dana BOSP setiap sekolah berbeda-beda, disesuaikan jumlah siswa. Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mubar itu men­gatakan tahun ini jumlah pencairan dana BOSP berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika pada 2022 lalu proses pencairannya di­lakukan empat tahap yaitu setiap tiga bulan, 2023 pencairan BOSP hanya dilakuan dua ta­hap yaitu setiap enam bulan.

“Proses pencairannya sekarang sisa dua tahap. Tahap satu yaitu perioda Januari – Juni kemudian tahap dua periode Juli – Desember. Itu berdasarkan petunjuk teknis (Juknis) BOSP dan Permendikbud nomor 63 tahun 2022,” terangnya.

Dalam pelaksanaannya, para peren­cana sekolah melakukan pengimputan kebutuhan dana BOSP enam bulan mela­lui aplikasi arkas sesuai program masing-masing.

Untuk pencairan anggaran BOSP tahap satu bisa di Januari atau Februari. Se­mentara untuk tahap duanya di Juli atau Agustus. Proses pencairan anggaran se­tiap tahap dilakukan sekaligus. Sehingga jika pada pencairan tahap satu sementara pelaksanaan kegiatan di Mei, maka ang­garanya bisa disimpan, nanti pada saat pelaksanaan kegiatan baru angga­ran itu dicairkan.

“Semua kita sudah sosialisasikan ke sekolah-sekolah. Bahkan para kepala se­kolah juga sudah melakukan zoom yang dipimpin langsung dari Kementrian Pen­didikan,” ungkapnya.

Saat ini sekolah di Mubar sementara dalam proses persiapan pencairan dana BOSP tahap satu. Proses pengimputan kegiatan BOSP 2023 melalui arkas telah rampung sejak November 2022 lalu. “Seyogyanya Januari sudah bisa cair, tapi di Mubar belum. Kemungkinan besar Februari ini. Karena sekarang kita masih dalam proses persiapan realisasi (pencairan,red) dari pusat,” pungkasnya. (ahi/kn)

Tinggalkan Balasan