Maksimalkan Potensi Daerah, Tafdil Dorong Perusda Gaet Investor

KENDARINEWS.COM — Bupati Bombana, H. Tafdil mendorong Perusahan Daerah (Perusda) memanfaatkan potensi daerah guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Salah satunya, meggaet atau melibatkan investor dalam pengelolaanya.

“Potensi kita cukup banyak yang bisa kita maksimalkan untuk menghasilkan PAD. Di antaranya, keberadaan kultur jaringan rumput laut, yang sudah berjalan. Bahkan saat ini tinggal satu tahapan lagi, sudah menghasilkan bibit rumput laut yang potensinya bisa mencapai miliaran. Tinggal kita kembangkan lagi,” ungkap Tafdil.

Bupati Bombana, H. Tafdil

Suami Hj. Andi Nirwana, menyebut selain kultur jaringan, potensi lain adalah sentral kelapa terpadu yang terletak di Laea. Sentra kelapa terpadu, kata Tafdil, bisa menjadi salah satu solusi dari langkahnya minyak goreng yang saat ini menimpa Indonesia, termasuk Sultra.

“Tinggal kita manfaatkan aset yang kita miliki ini. Terlebih lagi kita ini ditunjang sebagai daerah penghasil kelapa. Kenapa tidak fenomena ini bisa menjadi peluang,” tuturnya.

Menurut Tafdil, dengan adanya berbagai potensi yang dimiliki Bombana, Perusda tidak perlu bekerja sendiri. Pihaknya cukup menggaet investor atau mitra dalam mengelola aset yang daerah miliki. Sehingga, Pemkab tak perlu mengeluarkan uang, namun pundi-pundi PAD tetap bisa mengalir ke daerah melalui dana bagi hasil.

“Saya harap Perusda kedepan dapat memberikan dukungan untuk peningkatan fiskal daerah dengan memanfaatkan potensi-potensi yang kita miliki. Terlebih lagi, dalam mempercepat pembangunan daerah, khusunya infrastruktur perlu adanya peningkatan fiskal. Karena itu sektor-sektor potensial harus kita manfaatkan dengan baik untuk kepentingan masyarakat dan daerah,” pungkasnya. (idh/b).

Tinggalkan Balasan