oleh

Amankan Aset Daerah, Pemkot Kendari Gandeng Kejari

KENDARINEWS.COM — Kisruh aset Pemerintah berpeluang terjadi. Untuk mengamankan asetnya, Pemkot melakukan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Kota Kendari menggendang Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari. Nantinya, Kejari akan melakukan pendampingan hukum atas aset yang berpotensi menimbulkan sengketa dan gugatan dari pihak lain.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Kendari, Cornelius Padang mengatakan bantuan hukum ini sangat penting terutama mengamankan sejumlah aset daerah seperti aset Prasarana, Sarana, Umum (PSU) dari para pengembang perumahan (developer).

“Tidak hanya itu, Kejari turut mendampingi saat menghadapi masalah hukum. Seban Kejari itu kan itu jaksa negara. Jika ada program atau kegiatan yang kita lakukan digugat atau bersengketa dengan hukum, itu bisa kita cegah. Paling tidak bisa diminimalisir atau dikurangi dampaknya,” kata Cornelius Padang.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (kiri) dan Kajari Shirley Sumuan mendatangani Mou pendampingan hukum. (ISTIMEWA)

Ia berharap, pendampingan yang diberikan bisa mencegah terjadinya sengketa dengan pihak manapun sekaligus mendukung program pembangunan yang sementara digalakkan oleh Pemkot Kendari.

Kajari Kendari, Shirley Sumuan menyambut baik kerjasama ini. Menurutnya, kerja sama yang terjalin sudah menjadi tugasnya karena sudah diatur dalam Pasal 30 Ayat 2 Undang-undang Kejaksaan RI. “Kami siap berikan pendampingan yang optimal dan profesional melalui Seksi Datun (Perdata dan Tata Usaha Negara). Mudah-mudah pendampingan yang diberikan bisa mendukung pembangunan daerah,” kata Shirley. (c/ags)