2021, Nambo akan Disahkan jadi Kecamatan Baru

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Setelah melalui proses panjang, pembentukan Kecamatan Nambo sebagai wilayah administratif baru di Kota Kendari menemukan titik terang. Itu menyusul penomoran surat permohonan dan peraturan daerah (perda) pembentukan kecamatan Nambo oleh Pemprov Sultra. Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kendari Ilham Hamra mengatakan usulan pemkot telah disetujui dewan dan Pemprov Sultra. “Informasi yang saya dapatkan itu (surat usulan dan Perda) sudah diterima Biro Administrasi Pemerintahan Sultra dan sudah dibubuhi nomor surat,” kata Ilham Hamra.

Usulan tersebut kata dia, akan diantarkan langsung Pemprov Sultra ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna mendapatkan pengesahan resmi dari pemerintah serta untuk mendapatkan kode wilayah. “Rencananya pekan depan. Setelah dikonfirmasi dan disetujui Kemendagri, usulan tersebut akan dibawah kembali oleh pemprov untuk diberikan nomor registrasi (Noreg) dan untuk diketahui Oleh Gubernur Sultra,” kata Ilham Hamra.

Setelah itu lanjut dia, masih akan dilakukan paripurna pemantapan dan pentapan perda Kecamatan Nambo sebagai kecamatan definif di Kota Kendari. “Saya pastikan tahun depan Nambo sah jadi kecamatan baru di Kota Kendari. Tapi berdasarkan konsultasi kami, jika sudah keluar Noreg saja dari provinsi maka anggaran sudah bisa turun,” ungkapnya. Karo Administrasi Pemerintahan Setda Pemprov Sultra Ali Akbar membenarkan hal itu. Hanya saja, ia tak secara gamblang memberikan penjelasan. “Iya sudah diketahui. Tinggal diusul,” singkatnya.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik proses penetapan wilayah Nambo sebagai kecamatan baru di otoritanya. Menurutnya, capaian tersebut tak lepas dari kordinasi yang baik antara Pemkot Kendari, DPRD dan Pemprov Sultra terutama pada proses penyusunan produk hukum dan saat penyusunan dan penentuan tapal batas wilayah. “Itu bukan pekerjaan mudah. Tapi berkat kerja sama yang baik semua bisa kita lewati. Saya ucapakan terima kasih kepada Pemprov Sultra yang sudah membantu kami dan memfasilitasi dalam penyusunan batas daerah Kota Kendari dan peta kecamatan. Begitupun kerja keras teman-teman DPRD dan Pemkot Kendari yang berjibaku menyusun produk hukumnya sehingga bisa jadi sebuah perda,” kata Sulkarnain.

Selain itu lanjut Sulkarnain, penetapan itu menjadi kabar baik bagi seluruh warga Nambo yang selama ini dilanda kebingungan ketikan hendak mengurus masalah administrasi kependudukannya, apakah harus di Kecamatan Nambo atau Abeli. “Jadi sekarang sudah tidak perlu risau lagi. Sudah bisa mengurus administrasinya di Kantor Kecamatan Nambo. Insyah Alla,h dengan didefinitifkan Nambo sebagai kecamatan baru, Pemkot Kendari akan merangkul masyarakat setempat untuk bersinergi, bekerja sama dan bahu membahu membangun Nambo menjadi lebih baik dan berkelanjutan,” pungkasnya. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *