Membanggakan, IPM Kota Kendari Tahun 2023 di Posisi 4 Nasional

KENDARINEWS.COM– -Membanggakan, Kota Kendari berhasil mencapai posisi keempat nasional dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) tahun 2023 dengan skor 85,51.

Capaian ini menempatkan Kendari di bawah Yogyakarta yang berada di posisi pertama dengan skor 88,61, Banda Aceh di posisi kedua dengan skor 88,32, dan Jakarta Selatan di posisi ketiga dengan skor 86,71.

Jika dibandingkan dengan 17 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara, IPM Kota Kendari berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan daerah lainnya berada pada kategori tinggi dan sedang.

Salah satu faktor penting yang berkontribusi terhadap peningkatan IPM Kendari adalah angka harapan hidup. Pada tahun 2023, angka harapan hidup di Kota Kendari tercatat sebesar 75,34 tahun, naik dari tahun 2022 sebesar 0,11 dari tahun sebelumnya sebesar 75,23 tahun. Angka harapan hidup ini mencerminkan kualitas pelayanan medis yang semakin baik, dan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang lebih luas.

Kota Kendari juga mencatat perkembangan signifikan dalam infrastruktur kesehatan. Terdapat 13 rumah sakit dan 15 puskesmas yang beroperasi di kota ini. Selain itu, komposisi tenaga kesehatan di Kendari juga memenuhi standar pelayanan kesehatan masyarakat. Data menunjukkan ada 513 tenaga medis, 1.425 tenaga keperawatan, 674 tenaga kebidanan, 239 tenaga kefarmasian, dan 319 tenaga kesehatan lainnya yang siap melayani masyarakat.

Di sektor pendidikan, Kota Kendari menunjukkan kemajuan yang signifikan. Angka harapan lama sekolah di kota ini pada tahun 2023 mencapai 16,90 tahun, meningkat 0,01 dari tahun sebelumnya yang berada di angka 16,89 tahun. Angka ini menunjukkan bahwa anak-anak di Kota Kendari memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan hingga jenjang sarjana, menandakan akses pendidikan yang semakin baik dan merata.

Peningkatan di sektor pendidikan ini tidak hanya mencerminkan ketersediaan fasilitas pendidikan, tetapi juga kualitas pengajaran yang semakin baik. Pemerintah Kota Kendari telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, termasuk program pelatihan bagi guru dan pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan masa depan.

Selanjutnya standar hidup layak juga mengalami peningkatan dari Rp14,765 juta menjadi tahun 2022 menjadi, Rp15,116 juta tahun 2023.

Meski demikian, tantangan masih ada. Pemerintah Kota Kendari perlu terus bekerja keras untuk mempertahankan dan meningkatkan IPM. Salah satu fokus utama adalah memperkuat layanan kesehatan di tingkat masyarakat dan meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan. Upaya kolaboratif antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat akan menjadi kunci untuk mencapai tujuan ini.

Selain itu, peningkatan kualitas hidup di Kota Kendari juga memerlukan perhatian terhadap aspek ekonomi. Program pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perlu terus didorong untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Secara keseluruhan, capaian Kota Kendari dalam Indeks Pembangunan Manusia tahun 2023 menunjukkan perkembangan positif yang patut diapresiasi. Peningkatan di berbagai sektor ini diharapkan dapat menjadi fondasi yang kuat untuk pembangunan berkelanjutan di masa depan.

Tinggalkan Balasan