Hasil Musrenbang RPUPD 2025-2045, Muhammad Yusup: Misi Kota Kendari Mewujudkan Sarana dan Prasarana Berkualitas

KENDARINEWS.COM—Penjabat (Pj) Wali Kota Kendar, Muhammad Yusup bersama stakeholder terkait telah melaksanakan Musyarawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025 – 2045 di Balai Kota Kendari, kemarin.

Dalam Musrenbang kali ini, semua pihak berkomitmen untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dengan menciptakan sarana dan prasaran berkualitas.

Muhammad Yusup mengungkapkan, RPJPD 2025 – 2045 pihaknya lebih mengedepankan penyediaan sarana dan prasaranan berkualitas. Hal tersebut sangat penting dalam rangka mendukung aktivitas pemerintah dan masyarakat dalam berkehidupan.

“Salah satu misi Kota Kendari yaitu mewujudkan sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan,” ungkapnya usai membahas RPJPD 2025 – 2045, kemarin.

Lanjut dia, pada 2025 – 2045 nanti, pihaknya juga akan fokus pada penyediaan infrastruktur perkotaan, perumahan dan pemukiman khususnya terkait pembenahan wajah Kota Kendari yang menjadi salah satu isu strategis pembangunan daerah.

“Isu ini merupakan usulan prioritas dalam Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) tingkat kelurahan dan kecamatan se-Kota Kendari yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu serta usulan reses DPRD,” kata Yusup.

Yusup berharap, melalui pembahasan RPJPD 2025 – 2045 ini diharapkan dapat menghasilkan penyempurnaan terhadap rancangan awal rencana kerja (Renja) perangkat daerah. “Kita harus konsisten dengan apa yang sudah kita rumuskan mulai dari kelurahan hingga di tingkat nasional, jangan dibelok-belokan. Jalankan (pembangunan) sesuai rencana,” ungkap Yusup.

Kepala BPBD Sultra ini menambahkan, selain pembangunan infrastruktur,  pihaknya juga fokus pada pembangunan Sumber Daya manusia (SDM), kebudayaan dan pariwisata. 

“Kita juga fokus pada peningkatan daya saing ekonomi, kualitas lingkungan, adaptasi perubahan iklim dan pengurangan resiko bencana, serta pembinaan ideologi, tata kelola kependudukan dan reformasi birokrasi,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kota Kendari, Cornelius Padang mengatakan, tujuan pembahasan RPJPD 2025 – 2045 ini yaitu untuk melakukan penyelarasan arah kebijakan dan prioritas pembangunan Kota Kendari kedepannya.

Ditahun 2025 – 20245, lanjut dia, Pemerintah Kota Kendari tetap berfokus pada peningkatan penataan infrastruktur perkotaan yang ramah lingkungan dan tanggap bencana, penataan birokrasi, pelayanan publik yang efektif berbasis teknologi. 

“Musrenbang hari ini merupakan sarana untuk memberi masukan, saran dari bebagai pemangku kepentingan terhadap penyempurnaan rancangan RPJPD untuk memastikan rumusan visi, misi, sasaran pokok dan arah pembangunan yang ada terdapat dalam dokumen RPJPD,“ kata Cornelius.

“Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini tidak lain dalam rangka untuk memastikan konsistensi pembangunan berkelanjutan Kota Kendari sebagaimana visi, misi, arah kebijakan yang ditetapkan rancangan awal,” pungkasnya. (Kn)

Tinggalkan Balasan