ASR Siap Tarung di Pilgub, Klaim Dapat Dukungan 23 Kursi

KENDARINEWS.COM–Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka (ASR) meraih suara terbanyak kedua pada Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI 2024 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra). Berdasarkan hasil Pleno KPU, Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sultra ini meraih sebanyak 96.688 suara.

Capaian positif tersebut mendorong Andi Sumangerukka siap menjajal Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra Periode 2024 –  2029 yang akan dihelat pada November mendatang.

“Saya menyatakan sikap saya maju Pemilihan Gubernur Periode 2024 – 2029. Saya siap maju karena sudah banyak proses yang saya lakukan untuk daerah ini,” ungkapnya, kemarin.

Andi Sumangerukka mengatakan, Sultra sudah menjadi rumahnya karena sejak kecil, purnawirawan jenderal bintang dua ini sudah menghabiskan waktunya untuk Sultra.

“Saya kecil disini (Kendari), sekolah disini. Tapi ini desain Allah karena setelah 25 tahun menjadi seorang perwira TNI didaerah lain saya kembali menjadi Danrem (Komandan Korem) 143/Haluoleo, Kabinda (Kepala Badan Intelijen Daerah) Sultra, dan Panglima (Pangdam) XVI Hasanuddin Makassar,” ungkapnya.

“Masih dibutuhkan kontribusi (saya). Setelah saya timbang timbang, bertanya dan berdiskusi harapan itu sangat besar. Saya siap untuk melakukan itu semua karena petunjuk Allah SWT,” tambahnya.

Guna memantapkan kesiapan, Andi Sumangerukka sudah membangun komunikasi dengan berbagai Partai Politik (Parpol) di Sultra. Komunikasi dibangun agar memuluskan langkahnya bertarung di Pilgub 2024.

Bukan hanya itu, Andi Sumangerukka juga mengklaim telah mendapatkan sebanyak 23 kursi pemenang Pileg 2024. Jumlahnya lebih besar dari standar untuk maju Pilgub Sultra minimal 9 kursi DPRD Sultra.

“Proses (komunikasi) sudah saya lakukan. Proses itu saya tidak bisa sampaikan tetapi hitungan saya kira-kira sebanyak 23 kursi. Nama calon Wakil Gubernur juga sudah ada dikantong saya. Tidak bisa saya sebutkan karena politik itu dinamis jangan sampai ada yang tersinggung dan menutup kesempatan orang lain,” ungkap Andi Sumangerukka. 

Mantan Danrem 143/Haluoleo ini meminta relawan, simpatisan, dan masyarakat untuk bersabar menantikan kelanjutan politik termasuk niatnya untuk maju sebagai Calon Gubernur Sultra Periode 2024-2029. “Nanti kita umumkan calon wakilnya sebelum pendaftara pada Agustus 2024. Kira-kira tiga bulan lagi,” kata ASR.

Selain menyampaikan kesiapannya untuk bertarung dalam Pilgub Sultra, ASR juga memaparkan salah satu visi misinya ketika nantinya berhasil memimpin Bumi Anoa. Visi misinya khususnya dibidang minerba yakni berkomitmen untuk mencegah penambangan ilegal yang merugikan daerah baik dari segi ekonomi maupun lingkungan.

Menurutnya, salah satu cara untuk mencegah kerugian itu yakni mendesak pemerintah pusat untuk mengembalikan kewenangan (kebijakan) pengelolaan pertambangan ke daerah.

Jika pertambangan dikelolah oleh pemerintah daerah, kata ASR, maka akan mengoreksi kepemilikan IUP (Izin Usaha Pertambangan) yang saat ini sekitar 90 persen dikuasai oleh asing. “Kalau pertambangan dikelolah oleh orang asing dan bukan orang lokal apa yang terjadi? Bisa jadi dia tidak care (dengan ekonomi daerah dan lingkungan),” ungkapnya.

“Sehingga mau tidak mau kita harus memaksa (pemerintah), harus bisa meyakinkan pusat agar mengembalikan kembali kewenangan yang pernah ada untuk kita bisa menata kembali (lingkungan dan ekonomi). Dengan trust akuntabilitas dan transparan dalam mengelola daerah saya yakin kewenangan itu bisa dikembalikan kedaerah,” pungkasnya. 

Terpisah, Sekretaris DPW PPP Sultra, Abdul Rasak mengatakan, secara umum pengurus partai didaerah, provinsi bahan di pusat mendukung penuh pencalonan ASR sebagai Calon Gubernur Sultra.

“Kita ingin ada peningkatan kualitas dari partai. Beliau (ASR) komitmennya cukup kuat (Maju Pilgub Sultra). Saya tahu kapasitas, kapabilitas, dan integritas beliau untuk membangun daerah ini menjadi lebih baik kedepannya. saya harap semua pihak bisa mendukung dan memenangkan Pak ASR,” pungkasnya. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan