Mencari Qori Qoriah Terbaik, 12 Kecamatan Berlomba di MTQ Tingkat Kabupaten

KENDARINEWS.COM–Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-47 tingkat Kabupaten Kolaka Tahun 2024 resmi dimulai, Sabtu (2/3).

Ajang religi tersebut kali ini dipusatkan di Kecamatan Wolo. Pembukaan MTQ diawali dengan pawai taaruf dari 12 kecamatan yang ada di Bumi Mekongga. Penekanan tombol sirene saat upacara penaikan bendera Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) merupakan tanda dimulainya event religi itu.

Pj Bupati Kolaka, Andi Makkawaru yang membuka kegiatan tersebut di Lapangan Alun-alun Kecamatan Wolo mengungkapkan, MTQ merupakan sarana siar nilai-nilai yang terkandung dalam Alqur’an serta sebagai wadah menjalin silaturahim untuk saling memperkuat ukhuwah islamiah sesama masyarakat Kabupaten Kolaka. Selain itu, MTQ juga adalah barometer untuk mengukur sejauh mana kompetensi dan kualitas hafalan santri dari berbagai pondok tahfiz yang ada di wilayah otoritanya.

“Semoga ajang MTQ ini dapat meningkatkan kualitas dan potensi para peserta di bidang tilawah. Sehingga pada saatnya nanti Kabupaten Kolaka dapat melahirkan qori qoriah yang mampu berkompetisi bukan hanya di tingkat lokal tapi juga di tingkat nasional, bahkan di tingkat internasional,” tutur Andi Makkawaru.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang kini juga menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulawesi Tenggara itu juga memberikan apresiasi kepada pihak panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Andi Makkawaru juga berpesan kepada para peserta untuk mengikuti ajang MTQ dengan bersungguh-sungguh sehingga dapat menampilkan kemampuan terbaiknya.

“Pelaksanaan MTQ ini tidak hanya dimaknai sebagai sebuah lomba membaca, menghafal atau mengkaji isi Al-Qur’an. Tetapi MTQ adalah sebuah siar untuk memperkuat keberadaan dan ajaran yang ada di dalam Al-Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” pesan Andi Makkawaru. (fad/kn)

Tinggalkan Balasan