Pj Gubernur Sultra Andap Apresiasi Film ‘ Masonggi’, Ini Harapannya

KENDARINEWS.COM–Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto memberikan apresiasi tertinggi terhadap film karya anak bangsa dengan judul “Masonggi”.

Menurutnya, film ini merupakan suatu hal positif dalam mempublikasikan potensi budaya dan kearifan lokal di Sultra. Terlebih, film ini merupakan karya Rumah Semut Film yang telah sukses mempersembahkan Film Malulo di tahun 2017 dan Malulo 2 pada 2020. Kini, karya seni terbarunya yakni Film Masonggi akan tayang pada November tahun 2023 ini.

Karya sinematik kata mantan Kapolda Sultra ini, memiliki makna penting bagi ingatan atas berbagai budaya dan kearifan lokal. Mengingat film ini menceritakan Kisah cinta pemuda BauBau dan puteri Kendari. Cinta dalam Segulung Sinonggi. Cinta disedapnya kuliner kabuto, kasuami, kambuse, dan tentu saja Sinonggi,

“Terima kasih untuk Rumah Semut Film yang telah menorehkan karya “Masonggi”. Saya bangga dan memberi apresiasi atas karya yang didedikasikan pula sebagai jalan membangun kecintaan pada tanah air. Identitas kearifan lokal yang dikemas dengan ni – lai artistik, saya percaya ini akan menjadi karya budaya yang indah,”kata Andap.

Jenderal bintang tiga ini mengucapkan selamat untuk seluruh pekerja seni yang terlibat. Yang mana, para pekerja seni tak pernah letih mencintai dan berjuang mengenalkan budaya Bumi Anoa. “Tak sabar saya saksikan karya indah putra putri terbaik Sultra,” ujarnya.

Sebagai informasi, Film Masoggi adalah besutan salah seorang sutradara kondang asal Kendari, Irham Acho Bahtiar. Film tersebut di adopsi dari sebuah cerita pendek (cerpen) berjudul ‘Cinta dalam Segulung Sinonggi’. Film ini seluruhnya mengangkat full Sultra mulai dari talent, kru pendukung dan lokasi. Lokasi shooting produksi Rumah Semut Filem ini tak tanggung-tanggung menjajal lima wilayah di Sultra yang meliputi Kota Kendari, Kabupaten Kon – awe, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Kolaka Utara dan Kota Baubau. (rah/kn)

Tinggalkan Balasan