Menhub Budi Karya Sumadi Dukung Pj Gubernur Andap Warning Pengusaha Tambang Penunggak Pajak

KENDARINEWS.COM–Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal ini disampaikan dalam kunjungan kerja (kunker) ke Kendari pada Jumat, (15/9). Ia menyempatkan ke Kendari saat akan ke Tidore untuk mengecek persiapan Hari Nusantara yang digelar Desember 2023 mendatang.

PJ PJ Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto saat menerima kunjungan kerja Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi di Bandara Halu Oleo Kendari bersama jajaran KSOP dan instansi terkait lainnya. (Foto : Kaharmin Rafin/Biro ADPIM Setda Sultra)  

Budi Karya disambut Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto di Bandar Udara (Bandara) Halu Oleo Kendari bersama jajaran unit pelaksana teknis terkait, seperti Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari.

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakan, dalam pertemuan bersama Menteri  Perhubungan, Pak menteri menyampaikan siap mendukung Pemprov Sultra.

“Disamping silaturahim dengan Bapak Menteri, beliau juga nengok teman-temannya disini sekaligus silaturahim dengan saya. Beliau siap mendukung sepenuhnya Pemprov Sultra,” kata Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) ini saat diwawancarai awak media, Jumat (15/9).

Dijelaskan, bentuk dukungan itu dilakukan, dengan tak memberi izin pelayaran bagi kapal tambang bila belum menuntaskan kewajibanya dalam perpajakan baik nasional maupun daerah. 

 “Ketika mau keluar mineral dari sini, Kemenhub melalui KSOP yang beri izin pelayaran. Jadi  kalau belum bayar PAD maka izin pelayaran belum bisa keluar. Ini yang tadi kita bahas,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala KSOP Kelas II Kendari, Letkol Marinir Sri Utomo mengatakan, ada beberapa pesan yang disampaikan Menhub, Budi Karya Sumadi, diantaranya meminta pihaknya untuk bersinergi dengan pemerintah provinsi (Pemprov) dan instansi ataupun lembaga.

“Bapak menteri perhubungan beliau ada kunjungan resmi di Tidore dalam hal ini mengecek lokasi untuk pelaksanaan Hari Nusantara pada bulan Desember dan beliau menyempatkan diri untuk mampir di Kendari. Yang pertama beliau kunjungan silaturahmi dengan Bapak PJ Gubernur Sultra dan sekaligus beliau menjenguk semua UPT di Sultra, baik BPTD, UPP, KSOP maupun perhubungan udara untuk bersinergi dengan Pemda. Saat ini kita terus koordinasi,” ujar Sri Utomo.

Dikatakan, Menhub berpesan agar selalu melaksanakan sinergitas yang baik dan membina hubungan kerja yang baik dengan instansi terkait.

“Kemudian beliau juga berpesan agar kita selalu konsisten menegakkan aturan-aturan maupun regulasi-regulasi yang berlaku. Jangan takut dengan intervensi dari pihak manapun,” ungkapnya.

Dijelaskan, untuk sinergitas dengan Pemprov yakni untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), saat ini pihaknya sementara melakukan koordinasi.

“Kedepan kita meningkatkan fungsi pengawasan di jeti-jeti termasuk pelabuhan-pelabuhan resmi. Harapannya agar PAD daerah meningkat,” tandasnya. (rah/kn)

Tinggalkan Balasan