Hari Ini, Kendari Pos Genap Berusia 28 Tahun, Irwan Zainuddin: Adaptasi dan Inovasi Jadi Kunci Sukses

KENDARINEWS.COM–Harian Kendari Pos genap berusia 28 tahun hari ini (9/9). Hadir ditengah kemajuan teknologi  bukan menjadi akhir dari perjuangan harian koran terbesar Bumi Anoa ini. Sebaliknya, era digital saat ini menjadi awal bagi Kendari Pos untuk berinovasi menjawab tantangan zaman. 

Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin menyambut baik usia Kendari Pos yang sudah menapaki 28 tahun. Menurutnya, usia 28 tahun bukan perkara mudah bagi sebuah media mainstream tetap eksis terlebih ditengah gempuran media cyber dan media sosial (medsos). 

Lanjut Irwan Zainuddin, sukses Kendari Pos menjaga eksistensi tak lepas dari adaptasi dan inovasi yang diciptakan oleh seluruh insan Kendari Pos. Inovasi yang dimaksud yakni menghadirkan konvergensi media  seperti media online, podcast,  termasuk telah merambah media sosial. 

“Diusia 28 tahun ini Kendari Pos tidak berdiam diri. Kita terus menghadirkan terobosan, inovasi, apalagi ditengah kemajuan jaman.  Meskipun kita tahu diera kemajuan  teknologi ini, banyak tantangan yang akan dihadapi oleh Kendari Pos. Kita harus merawat Kendari Pos agar semakin maju,” ungkap Irwan Zainuddin dalam Podcast Kendari Pos Channel, kemarin. 

Irwan berharap, selain adaptasi dan inovasi yang dihadirkan, seluruh insan Kendari Pos senantiasa menjaga kekompakkan agar industri media yang dibangun bisa berkelanjutan. Disisi lain, ia berpesan kepada seluruh insan Kendari Pos agar tidak menganggap media luar sebagai pesaing melainkan sebagai mitra. 

“Media diluar itu inspirasi bukan pesaing. Karena mereka hadir untuk memaksa kita menciptakan inovasi, memaksa kita untuk melahirkan semangat baru untuk berubah. Kuncinya kembali lagi  pada kemampuan kita untuk beradaptasi dan inovasi,” kata Irwan Zainuddin. 

Podcast Kendari Pos Channel kali ini kian menarik dan terasa spesial karena menghadirkan empat karyawan yang telah berdedikasi dan berkontribusi terhadap kemajuan Kendari Pos. 

Empat karyawan Kendari Pos yang telah menjalani masa kerja belasan hingga puluhan tahun diantaranya H.Sawaluddin Lakawa, Dr.Hj.Emilia Ningsih,  La Ode Samane dan Resmin bercerita suka duka bekerja di PT.Media Kita Sejahtera, penerbit koran Kendari Pos. 

H.Sawaluddin Lakawa saat ini menjabat Biro Direksi Kendari Pos. Wartawan senior Kendari Pos itu meretas jalan karier sebagai reporter di Kota Kendari. Lalu, menjadi koresponden di Kabupaten Konawe. Dalam perjalanan kariernya, H.Sawaluddin “naik kelas” menjadi redaktur/editor. Beberapa tahun kemudian, naik pangkat menjadi redaktur pelaksana hingga menjadi Wakil Pemimpin Redaksi Kendari Pos. 

Wartawan senior lainnya, Dr.Hj.Emilia Ningsih. Meniti karier sebagai reporter pendidikan sejak Mei 2005. 2 tahun wira wiri meliput di lapangan, Emilia naik kelas menjadi redaktur. Emilia yang telah menyandang gelar doktor dari Universitas Halu Oleo saat ini menjabat Redaktur Rubrik Pendidikan dan Ekonomi. 

Sedangkan La Ode Samane, bergabung di gerbong Kendari Pos saat masih bernama Media Kita. Saat itu, dia ditempatkan di divisi keamanan. Puluhan tahun kemudian, karier Samane menanjak. Kini menjadi staf di Divisi Keuangan Kendari Pos. Hingga kini, Samane masih produktif bekerja. Ia paham betul bagaimana Kendari Pos jatuh bangun dan tetap terbaik hingga saat ini.

Resmin, merintis karier dari loper alias pengantar koran ke rumah-rumah pelanggan. Kini dipundaknya tersemat tugas menjamin kelancaran koran sampai di tangan pembaca/pelanggan. Resmin kini menjabat Manajer Divisi Sirkulasi Kendari Pos. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan