Anggaran Rp 1,2 Miliar Disiapkan Untuk Pembangunan Gedung OPD Kolut

KENDARINEWS.COM — Tak hanya infrastruktur jalan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) turut memberi perhatian terhadap pembangunan gedung satuan kerja. Pada tahun ini, ada dua gedung Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dibangun. Total anggaran yang digelontorkan mencapai 5,8 Rp miiliar. Di sisi lain, pemerintah dalam kendali Pj Bupati, Parinringi, turut merekonstruksi kantor kecamatan Batuputih dan Pakue.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kolut, Mukramin, mengatakan, kantor OPD yang bangun adalah Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) serta Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD). Lokasinya masih didalam perkantoran. Untuk proses lelang sudah tuntas bahkan pihak rekanan pemenang tender telah memulai pekerjaan. Progres pekerjaan baru masuk pada konstruksi dasar.

“Alhamdulillah, sudah mulai dikerja dan masuk pekerjaan pondasi baik kantor BKPSDM maupun BKAD. Prosesnya kemarin terkendala proses review. Namun bisa diselesaikan. Sesuai target, pengerjaannya akan dituntaskan akhir tahun ini.

Dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kolut. Satu persatu gedung dan sarana prasarana pemerintah akan kita benahi. Tapi prosesnya bertahap dan disesuaikan dengan anggaran yang ada,” kata Mukramin, Kamis (20/7).

Untuk kantor BKPSDM lanjutnya, anggaran yang dialokasikan pemerintah sebesar Rp 2,8 miliar, sementara gedung kantor BKAD Rp 3 miliar. Untuk memastikan dua proyek ini rampung sesuai rencana, pihaknya intens memantau proses pengerjaan dan memastikan kualitas pekerjaan. Kondisi yang sama sambung alumnus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar itu, juga dipastikan pada proyek rekonstruksi kantor camat Pakue dan Batuputih. Dua proyek tersebut sudah dimulai dikerja dan dialokasikan anggaran masing-masing Rp 1,2 miliar serta ditargetkan rampung tahun 2023 ini. Proyek perbaikan gedung, sarana dan prasarana plat merah ini merupakan bentuk komitmen pemerintah agar para abdi negara nyaman bekerja dan pelayanan terhadap masyarakat semakin ditingkatkan.

“Jadi satu persatu akan kita benahi. Untuk dua kantor camat ini, kita bangun gedung baru. Kalau gedung lebih representatif, pelayanan bisa lebih maksimal. Kami minta rekanan pemenang tender bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai kontrak,” pinta mantan Sekretaris Dinas PUPR Kolut ini. (mal)

Tinggalkan Balasan