Tingkatkan Minat, HMJ Pendidikan Biologi UHO Gelar BS XI SE Indonesia

KENDARINEWS.COM–Tingkatkan minat, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo (FKIP UHO) gelar Biology Season XI se Indonesia dengan tema membentuk generasi biologi yang inovatif, berprestasi dan unggul. Kegiatan tersebut berlangsung mulai 17 hingga 22 Juli 2023 mendatang.

Ketua Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UHO, Lili Darlian, S.Si., M.Si mengatakan bahwa Biology Season (BS) merupakan salah satu program kerja unggulan HMJ Pendidikan Biologi FKIP UHO yang sudah memasuki part XI di tahun 2023. Sebelumnya BS hanya melibatkan siswa siswi tingkat SD, SMP dan SMA/SMK, namun sejak 2022 Biology Season menambah peserta dari Perguruan Tinggi dan berskala Nasional. “Tema tahun ini adalah Mesofil yakni membentuk generasi biologi yang inovatif, berprestasi dan unggul,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan animo terutama bagi siswa siswi SMA/SMK untuk memilih Pendidikan Biologi FKIP saat kuliah nantinya. “Selain itu, BS juga dapat memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) Jurusan dan Fakultas terkait peningkatan prestasi mahasiswa Pendidikan Biologi,” jelasnya.

Adapun item lomba kata dia, yakni debat SMA/MA, sekresi tingkat SMP/MTS dan SMA/MA, publikasi ilmiah SMA/MA, poster ilmiah, photografi, microteaching tingkat S1/D3, desain media pembelajaran S1/D3 dan lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) SMA/MA dan S1. “Sedangkan nama sekolah yang mengikuti terdiri dari SMAN 1 ladongi, SMAN 2 kendari, SMAN 5 Konsel, SMAN 4 Kendari, SMAN 10 Kendari, SMAN 2 Raha, SMA Al-Wahdah Kendari, Man 1 Kolaka, SMPN 5 Kendari, SMPN 1 Kendari dan MTS Al-Wahdah Kendari, Universitas Halu Oleo, Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Megaresky Makassar dengan total keseluruhan peserta 145 orang,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa selaku ketua jurusan diharapkan BS dapat meningkatkan kualitas peserta dan dapat terus berkesinambungan. “Kita berharap kegiatannya dapat berkesinambungan setiap tahun dan dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas jumlah lomba bertambah banyak. Sehingga minat peserta dari luar Sultra semakin bertambah pula. Dan untuk peserta diharapkan selalu berpartisipasi setiap tahun dan menambah jumlah tim yang ikut lomba,” pungkasnya.(win/

Ketgam: Foto Bersama Ketua Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UHO, Lili Darlian, S.Si., M.Si (lima dari kiri) usai pembukaan kegiatan.

Tinggalkan Balasan