KKP RI Identifikasi Peluang Investasi Rumput Laut di Wakatobi

KENDARINEWS.COM — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi menggelar focus group discussion (FGD) tentang peluang investasi rumput laut.

Perwakilan KKP RI, Harmita Hadi Astuti, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan mengidentifikasi serta menyusun analisis kelayakan peluang investasi kelautan dan perikanan. “Dan kegiatan ini juga untuk mengidentifikasi ketersediaan infrastruktur pendukung investasi, serta regulasi investasi serta kemudahan berusaha,” jelas Harmita Hadi Astuti, Kamis (25/5).

Ia juga menjelaskan, output dari kegiatan itu adalah untuk menyiapkan kajian awal dan memberikan informasi peluang investasi usaha rumput laut di Kabupaten Wakatobi. Diharapkan dengan adanya kegiatan itu, dapat memberikan manfaat untuk Pemkab dan masyarakat. Sementara itu, Bupati Wakatobi, Haliana, turut hadir dalam FGD tersebut. Seperti diketahui, Kabupaten Wakatobi memiliki perikanan yang mempunyai potensi 1.390.000 hektare. Sebanyak 95,4 persen wilayah Wakatobi adalah laut. Sehingga sangat memiliki potensi dan bisa dimanfaatkan termasuk rumput laut.

Sekadar diketahui, kegiatan itu juga dihadiri pihak Direktorat Usaha dan Investasi Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bambang Sukaco, Pj. Sekretaris Kabupaten, Nursiddiq, termasuk pihak Balai Taman Nasional Wakatobi, KUPP Wanci, Dinas Perikanan dan Kelautan serta Loka Perekayasaan Teknologi Kelautan serta instansi terkait. (c/thy)

Tinggalkan Balasan