FMIPA UHO Ciptakan Mahasiswa Handal Bidang Pertambangan

KENDARINEWS.COM–Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Pertambangan FMIPA UHO melaksanakan Halu Oleo Mining Competition sekaligus dirangkaikan dengan Seminar Nasional

Dekan FMIPA UHO, Dr. Ida Usman, S.Si., M.Si., mengatakan bahwa Halu Oleo Mining Competition merupakan ajang lomba bagi himpunan mahasiswa pertambangan di seluruh Indonesia. Beberapa lomba yang digelar diantaranya lomba essay, paper, poster dan debat. Kegiatan tersebut diikuti sekiranya 15.

“Namun setelah melewati penyisihan sejak bulan April, yang masuk ke grand final hanya enam perguruan tinggi saja,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa sebelumnya Teknik Pertambangan FMIPA UHO juga sudah melaksanakan seminar nasional, dimana kegiatan tersebut menghadirkan tiga praktiksi yakni dari perusahaan tambang, dosen pertambangan dan dinas energi dan sumber daya mineral provinsi Sulawesi Tenggara. “Dengan begitu FMIPA UHO khususnya Teknik Pertambangan dapat menciptakan alumni yang handal di bidang pertambangan dan tentunya dapat berkontribusi terhadap permasalahan tambang yang ada di Sulawesi Tenggara,” jelas Ida Usman.

Ia menuturkan, bahwa enam perguruan tinggi tersebut, yakni Universitas Hasanuddin, Universitas Halu Oleo, Universitas Mulawarman, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Panca Budi Medan. “Kegiatan tersebut juga sangat bermanfaat untuk kita, karena selain untuk akreditasi juga untuk memperkenalkan jurusan teknik pertambangan,” bebernya.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut khususnya di sektor pertambangan, yakni untuk memperkenalkan kepada masyarakat, pertambangan sangat berperan dalam kehidupan. Terutama dalam memajukan perekonomian di Indonesia. “Hal tersebut selaras dengan tema yang angkat yakni, Transformasi Industri Pertambangan dalam Menyusun Indonesia Emas 2025,” terang Mantan Dekan FITK UHO ini.

Ia menambahkan, bahwa dengan hadirnya kegiatan tersebut, dirinya berharap isu-isu yang beredar di masyarakat, tambang itu merusak lingkungan dan banyak dampak negatif, akan terjawab dengan adanya kegiatan ini. “Karena dalam kegiatan lomba ini peserta fokus membahas bagaimana pertambangan bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Termasuk, bagaimana penanggulangan pasca tambang yang tentunya melalui penelitian terlebih dahulu. Selaku dekan FMIPA UHO ,saya sangat mendukung kegiatan-kegiatan mahasiswa yang dimana sangat berdampak positif,” tutup pria penggemar bunga anggrek ini.
(win/kn)

Tinggalkan Balasan