Konawe Dipilih Jadi Tempat Pelaksanaan LP2B

KENDARINEWS.COM — Konawe ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). Pada kegiatan zoom meeting bersama Direktorat Perlindungan dan Penyediaan Lahan, serta Direktorat Jenderal (Ditjen) Sarana dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian, Konawe ditetapkan sebagai satu-satunya kabupaten di Sultra yang memenuhi semua syarat sebagai tempat LP2B.

Informasi itu diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Laode Rusdin Jaya. Katanya, kegiatan rekomendasi perlindungan LP2B, dimaksudkan agar dapat terpetaknya luasan LP2B tingkat kabupaten dan ditetapkan dalam SK/Perbup tentang penetapan LP2B dan atau dalam perda RTRW.

Rusdin menambahkan, perlindungan LP2B dilakukan dengan penetapan wilayah budidaya pertanian terutama pada wilayah pedesaan yang memiliki hamparan.

“Bidang lahan yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsisten guna menghasilkan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan nasional,” ujarnya.

Rusdin mengatakan, dalam pelaksanaannya, kegiatan LP2B dilakukan oleh Dinas pertanian kabupaten/kota dibantu oleh konsultan perorangan yang berkedudukan di provinsi/kabupaten/kota dan pendampingan oleh Dinas Pertanian Provinsi.

“Konsultan yang berkedudukan di provinsi karena luas areal kerja relatif lebih kecil sehingga dalam pelaksanaan kegiatan dikombinasikan dengan kabupaten/kota lain dalam satu provinsi,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Konawe, Gunawan Samad membenarkan hal tersebut. Katanya, pihaknya telah menyiapkan data guna menunjang pelaksanaan LP2B di Konawe.

“Alhamdulillah untuk di Sultra hanya Konawe yang menjadi tempat pelaksana LP2B,” singkatnya.(KN)

Tinggalkan Balasan