Di Kolaka Harga Bawang Naik, Telur Turun

KENDARINEWS.COM–Sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Kolaka mengalami kenaikan harga. Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan setempat, Selasa (16/5), harga bawang putih sebelum lebaran hanya Rp 40 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 45 ribu. Bahkan, untuk bawang merah mengalami kenaikan hingga Rp 10 ribu, yang awalnya hanya Rp 35 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 45 ribu.

Meskipun harga sejumlah bahan pokok belum normal dan bahkan naik pasca lebaran, namun kondisi berbeda terjadi pada harga telur ayam ras. Harga komiditi tersebut turun Rp 2 ribu, yang awalnya Rp 28 ribu per kilogram sekarang menjadi Rp 26 ribu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka, DR H Muhammad Azikin mengungkapkan, naiknya harga bawang putih dan bawang merah disebabkan oleh permintaan yang tinggi. Dimana bawang merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan warga saat lebaran untuk memasak. Disamping itu, pasokan dari luar juga tidak terlalu lancar.

“Bawang itu kebanyakan dari Sulawesi Selatan (Sulsel). Sementara pasokan akhir-akhir ini kurang lancar. Begitu pun telur juga dari Sulsel. Hanya saja telur itu pasokannya sudah lancar makanya harganya sudah mulai turun,” jelasnya.

Meskipun harga bawang putih dan bawang merah naik, Azikin meminta warga untuk tetap tenang. Sebab, stok yang tersedia saat ini masih dapat memenuhi kebutuhan warga.

“Stok bawang merah masih ada 9,2 ton sementara kebutuhan hanya 8,3 ton. Untuk bawang putih itu stok yang tersedia memang hanya 5,9 ton, tapi kebutuhan hanya 5,8 ton. Jadi untuk sementara masih aman,” pungkasnya. (fad/KN)

Tinggalkan Balasan