Hari Ini Serentak se-Indonesia Tes UTBK-SNBT 2023

–Di UHO Diikuti 8.937 Peserta

KENDARINEWS.COM–Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., menyerahkan berkas atau dokumen soal Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023 dalam kondisi tersegel kepada Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. La Hamimu yang bertindak sebagai panitia lokal, sesaat sebelum pelaksanaan tes, kemarin (8/5).

Tes yang dijadwalkan mulai hari ini hingga 14 Mei tersebut akan diikuti 8.937 peserta.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., mengatakan bahwa UTBK dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. “UTBK UHO kita mulai hari ini (8 Mei). Setiap hari dua sesi, sesi pagi dan sesi siang. Jadi berakhir jam 17.15 Wita,” ujarnya, saat diwawancara usai menyerahkan dokumen soal UTBK- SNBT di Pustik UHO. Prof Zamrun menyebut dalam tes tersebut, UHO menyediakan 19 lokasi dengan jumlah 30 ruangan guna memfasilitasi tes calon mahasiswa baru.

“Jadi sebenarnya yang tes di UHO ini bukan memilih di UHO semuanya, mereka boleh memilih dimana saja PTN nya,” ungkap Rektor UHO dua periode ini.

Ia juga menuturkan, bahwa kuota Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) berjumlah 3.500 orang. “Kuota di UHO 3.500 an untuk itu kita terima di tes SNBT ini karena kuota yang t idak terpenuhi waktu tes Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) sehingga dial ihkan ke SNBP,” tuturnya. Ketua KAGAMA Sultra ini pun mengimbau kepada peserta yang mengikuti tes untuk berlaku jujur,

mengerjakan soal dengan sebaik-baiknya dan jangan melakukan kecurangan yang dapat berakibat fatal. “Percaya pada kemampuan sendiri, insyaa Allah dikerjakan dengan baik dan hasil bagus pasti bakal lulus serta tidak usah khawatir tidak ada intervensi dari mana pun,” tambahnya.

Sekadar informasi, UHO menjadi salah satu lokasi di Sulawesi tenggara yang menjadi lokasi UTBK SNBT 2023 yang dilakukan secara serentak di Indonesia, mulai Senin (8/5). (win/KN)

Tinggalkan Balasan