Jelang Pemilu, Kesbangpol Sultra Fokus Cegah Potensi Konflik

KENDARINEWS.COM — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra mulai mengantisipasi potensi terjadinya konflik sosial jelang Pemilu 2024. Isu Sara dan pertambangan, teridentifikasi sebagai narasi yang kerap memicu potensi konflik horizontal.

Kepala Kesbangpol Sultra Harmin Ramba mengatakan, dalam penanganan konflik sosial, pihaknya melakukan pencegahan secara dini. Lembaganya punya bidang khsusus yang menangani masalah konflik sosial. “Penangan konflik jelang pemilu ada beberapa langkah- langkah yang sementara kami lakukan, salah satunya adalah mencegah secara preventif terkait isu konflik yang bermuculan,” kata Harmin.

Menurutnya, bila belajar dari pengalaman, potensi konflik di Sultra umumnya terkait isu sara dan pertambangan. Karena itu, saat ini pihaknya terus memantau kondisi dua sektor itu setiap hari. Bila mendapatkan kemungkinan gejala konflik, maka segera ditindaklanjuti. “Salah satu contoh pemilihan kepala desa di Muna sebelumnya, ada konflik-konflik di sana, saya langsung berangkatkan tim dari bidang politik ke sana untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, dalam penanganan konflik sosial yang jadi fokus adalah adanya urbanisasi penduduk ke daerah pertambangan yang begitu besar. Karena banyak masyarakat yang bekerja di kawasan pertambangan. Jadi KPU membuat kebijakan, bila tenaga kerja yang berada di pertambangan, nanti tidak perlu pulang kampung untuk memilih. Sebab panitia akan menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) khusus di kawasan pertambangan. “Dalam penetapan ini, kita tidak serta merta langsung tetapkan TPS nya di area tambang. Perlu ada kerjasama dengan Dukcapil untuk pendataan para wajib pilih di wilayah itu dan menentukan TPS nya,”ungkapnya.

Ia mengajak semua piak agar menjaga keamanan dan ketentraman sehingga pelaksanaan pemilu berjalan aman. Sasaran utama adalah program penanganan konflik sosial sehingga potensi konflik bisa dicegah sejak dini sehingga pemilu di Sultra bisa menjadi contoh diwilayah-wilayah lainya. (kn)

Tinggalkan Balasan