Andi Nirwana Tekankan Makna Empat Pilar Harus Diimplementasikan

KENDARINEWS.COM – Sosialisasi empat pilar terus di gencarkan Anggota MPR RI, Hj. Andi Nirwana. Di berbagai kesempatan ia memberikan pemahaman wawasan kebangsaan kepada berbagai elemen masyarakat di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam suasana bulan Ramadhan, Hj. Andi Nirwana kembali meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai luhur yang terkandung dalam empat pilar, yang meliputi Pancasila sebagai Dasar Negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bihneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara kepada masyarakat Konawe Selatan (Konsel), di Wonua Monapa Hotel dan Resort Kendari.

Anggota MPR RI, Andi Nirwana saat menyerahkan secara simbolis buku empat pilar ke peserta sosialisasi

Andi Nirwana mengatakan, saat ini masyarakat sangat perlu mendapatkan pemahaman dan penguatan dalam hal wawasan kebangsaan, serta mengamalkan nilai-nilai 4 pilar dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Terlebih masyarakat tengah dihadapkan dengan berbagai kecanggihan teknologi hingga gempuran budaya-budaya luar yang dapat mengikis nasionalisme.

“Dengan sosialisasi empat pilar ini, dapat membentuk masyarakat yang berwawasan kebangsaan dan memiliki jiwa patriotisme atau semangat mencintai tanah air,” ungkapnya, Minggu (2/4).

Anggota MPR RI, Andi Nirwana saat memaparkan pentingnya makna empat pilar di implementasikan di kehidupan sehari-hari.

Diakuinya, sosialisasi empat pilar yang dilakukan ini, merupakan salah satu program dari lembaga MPR yang dilaksanakan sesuai amanah dari Undang-Undag nomor 17 Tahun 2014 yang mewajibkan bagi anggota MPR RI menyosialisasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia, dengan harapan masyarakat tidak hanya mendapatkan penguatan dalam hal pemahaman wawasan kebangsaan ini, namun juga dapat mengamalkan nilai-nilai 4 pilar dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkup keluarga maupun di masyarakat.

“Jadi semua anggota MPR RI di tugaskan untuk melaksanakan sosialisasi di daerah pemilihan masing-masing,” imbuhnya.

Anggota MPR RI, Andi Nirwana saat berfoto bersama dengan peserta sosialisasi

Sementara itu, Ketua Kohati HMI Cabang Kendari, Miftah Anugerah mengapresiasi sosialisasi empat pilar yang dilakukan anggota MPR RI Sultra, Hj. Andi Nirwana. Menurutnya, penguatan empat pilar saat ini sangat diperlukan, khususnya di kalangan anak muda sebagai generasi penerus bangsa. Sebab, wawasan kebangsaan saat ini sudah mulai terkikis dengan budaya-budaya yang berasal dari luar.

“Peningkatan pengetahuan dan penguatan empat pilar kebangsaan ini saya yakini dapat menumbuhkan semangat dan nasionalisme masyarakat, khususnya para anak muda akan kecintaanya pada negara,” katanya.

Mifta juga berharap, agar sosialisasi seperti ini dapat terus digencarkan, ke seluruh masyarakat. Sehingga, dalam keseharian masyarakat Indonesia, khususnya Sultra dapat berlandasan dengan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila, UUD, NKRI dan Bihneka Tunggal Ika. (idh)

Tinggalkan Balasan