oleh

Lagi Lagi Dinsos Tertibkan Manusia Gerobak dan Anjal

KENDARINEW.COM–Dinas Sosial Kota Kendari harus putar otak untuk menertibkan anak jalanan (Anjal) dan ‘manusia gerobak’ yang menjamur di pingiran jalan protokol kota.

Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf tak menampik jika Anjal dan “manusia gerobak” menjadi fenomena sosial di Kendari.

Berdasarkan informasi yang ia terima, keberadaan mereka sangat mengganggu wajah kota dan seringkali membahayakan pengguna jalan, “Sangat mengganggu,” tegasnya, kemarin.

Kehadiran mereka juga mulai tidak terkendali , olehnya itu berdasarkan instruksi langsung Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, mereka bakal melaksanakan patroli rutin untuk melakukan penertiban.

“Sebenarnya kami sudah mulai sejak Jumat pekan lalu. Hasilnya Anjal dan manusia gerobak yang ditemui didata dan diminta kembali ke rumah masing-masing,” ungkap Abdul Rauf.

Kata Abdul Rauf, penertiban terhadap Anjal dan manusia gerobak termasuk pengemis telah tertuang dalam Peraturan Daerah Kota Kendari Nomor 9 Tahun 2014.

“Sudah ada perda-nya. Belum lama juga sudah dibentuk Satgas Penataan Kota Kendari. Dinsos termasuk didalammnya yang mengatasi masalah sosial seperti Anjal, pengemis, anak punk, termasuk yang terbaru manusia gerobak,” ungkap Abdul Rauf.

Mantan Kabag Kesra Setda Pemkot Kendari ini mengungkapkan, berdasarkan hasil pendaatan terbaru, Anjal di Kendari berjumlah 40 orang. Sementara untuk manusia gerobak belum teridentifikasi pasalnya kemunculannya hanya sekali dalam sepekan yakni hari Jumat.

“Manusia gerobak banyak kita jumpai di Kawasan MTQ dan sepanjang jalan kawasan Citraland menuju Kantor Gubernur. Jadi nanti kita patroli di kawasan itu. Kami sudah siapkan 50 personel. 30 pamong praja dan 20 pertugas dinsos. Kita akan tertibkan mereka,” pungkasnya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan