oleh

KPU Sultra Raih Penghargaan Perencana Logistik Pemilu Terbaik

KENDARINEWS.COM– KPU Sultra berada di peringkat I nasional dan meraih penghargaan kategori perencanaan logistik Pemilu 2024 terbaik tingkat provinsi se-Indonesia.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, logistik Pemilu dan Pilkada merupakan salah satu aspek penting yang harus dipersiapkan dengan baik. Sehingga perlu dirumuskan kebijakan logistik yang menyangkut kebutuhan, pengadaan, pendistribusian, pemeliharaan dan inventarisasi logistik Pemilu maupun Pilkada.

“Dalam perencanaan logistik Pemilu dan Pilkada yang baik, realistik, dan andal, sangat ditentukan perencanaan matang dari sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Perencanaan matang itu seperti identifikasi kebutuhan, penyusunan prioritas kebutuhan, penyusunan rencana kegiatan atau kerja serta monitoring dan evaluasi,” kata La Ode Abdul Natsir Muthalib, Jumat (30/9), kemarin.

Dalam mempersiapkan logistik Pemilu dan Pilkada yang baik, kata dia, mesti memenuhi beberapa unsur vital. Diantaranya, tepat jenis atau jenis logistik yang tersedia sesuai dengan jenis barang yang dibutuhkan badan penyelenggara pemilu adhoc (PPK, PPS, maupun KPPS).

Kemudian tepat jumlah, yakni logistik yang tersedia di TPS sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Lalu, tepat kualitas atau kualitas logistik yang tersedia di TPS sesuai standar mutu yang ditetapkan KPU.

“Tak kalah pentingnya juga harus tepat waktu. Artinya, logistik diterima di TPS/KPPS tepat waktu, satu hari sebelum hari pemungutan suara. Selain itu, hemat anggaran. Logistik tersedia di TPS dengan anggaran yang hemat. Terakhir, tepat sasaran. Artinya logistik yang tersedia di TPS sesuai dengan kebutuhan dan tidak salah alamat,” jelas komisioner KPU yang karib disapa Ojo itu.(kn)

A

Komentar

Tinggalkan Balasan