oleh

Butuh Rp 300 Juta Terangi Ibu Kota

KENDARINEWS.COM–Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buton bergerak cepat merespon instruksi Pj. Bupati, Basiran untuk menghidupkan suasana ibu kota, Pasarwajo. Dishub sudah mendata dan melakukan pemetaan titik-titik yang butuh penerangan. Untuk membuat ibu kota terang benderang, Dishub butuh anggaran sebesar Rp 300 juta.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buton, La Rahadi, mengatakan, gelapnya ibu kota, bukan hanya soal bohlam lampu yang putus, tetapi perangkat lainnya juga sudah tak layak. Sehingga meski sering diganti, akan tetap cepat rusak.

“Rumah lampu kita itu ternyata lapuk, karena sudah 20 tahun. Pasang lampu baru, tiga bulan ke depan rusak. Sehingga yang kalau bagus dan tahan lama, lebih baik diganti secara keseluruhan,” usul La Rahadi, Kamis (1/9).

Selain itu, masalah lain adalah satu segmen jaringan lampu dipaksakan melebih kapasitasnya. Itu juga membuat perangkat tidak tahan lama. “Misalnya satu segmen, kapasitasnya 60 balon lampi, tapi dipasang lebih dari itu, jadi jebol,” terangnya.

Untuk keseluruhan, Dishub merinci membutuhkan 300 unit dengan anggaran Rp 1 juta tiap titik lampu. Kebutuhan dana itu akan dimasukkan dalam APBD Perubahan 2022 ini. “Kita beli yang mahal, garansinya lima tahun. Jadi dijamin kualitasnya. Untuk semua titik itu Rp 300 juta dan diupayakan tahun ini juga,” pungkas La Rahadi. (KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan