oleh

Hiasi Jalan Protokol Kota Unaaha, Pemkab Konawe Siapkan 2.000 Ketapang Kencana

KENDARINEWS.COM — Usia pohon-pohon pelindung di poros Kota Unaaha, Kabupaten Konawe, relatif sudah tua. Kondisi tersebut membuat tanaman yang didominasi pohon Trambesi itu, kian rawan tumbang. Tekstur pohonnya terbilang mudah rapuh dan patah diterpa angin kencang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe berencana mengganti pohon Trambesi dengan jenis Ketapang Kencana untuk dijadikan tanaman pelindung pada ruas-ruas jalan utama kota Unaaha.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe, Herianto Wahab, mengatakan, instansinya terus melakukan pemantauan beberapa pohon peneduh yang berusia tua serta dianggap mudah ambruk. Hal itu untuk meminimalisir terjadinya pohon tumbang yang berpotensi membahayakan warga maupun pengguna jalan di Konawe. “Memang kami sudah berencana mengganti pohon yang tua dan rawan tumbang itu dengan pohon Ketapang Kencana,” ujar Herianto Wahab, Kamis (4/8).

Ia menuturkan, pihaknya akan melakukan peremajaan terhadap pohon Trambesi yang sudah berusia tua. Peremajaan itu dilakukan dengan menggantinya dengan pohon Ketapang Kencana di lokasi yang sama. DLH Konawe menyiapkan 2.000 bibit Ketapang Kencana untuk ditanam di sepanjang jalan protokol di kota Unaaha. “Pohon jenis itu mudah tumbuh. Tanaman itu berakar tunggang yang menancap ke dalam tanah. Beda dengan Trambesi, akarnya menyebar dan kadang merusak bangunan disekelilingnya,” tandas mantan Kabag Humas dan Protokoler Setkab Konawe itu. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan