oleh

Vaksinasi Dosis II dan III Belum Capai Target


KENDARINEWS.COM — Program vaksinasi Covid-19, masih terus dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Sayangnya, masih banyak warga Bumi Mekongga yang belum mendapatkan suntikan dosis II dan III. Sesuai data dari Dinas Kesehatan Kolaka, dari 208.190 warga yang menjadi sasaran vaksin, baru 10 persen yang mendapat suntikan anti bodi tersebut hingga dosis III (booster). Bahkan untuk dosis II pun masih 62 persen. Sedangkan untuk dosis I telah mencapai 83 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Harun Masirri, menjelaskan, target untuk dosis I telah melewati target, 80 persen. Katanya, untuk mencapai kekebalan kelompok minimal 70 persen. Hanya saja, yang menjadi persoalan, presentase warga yang disuntik dosis II dan III belum mencapai 70 persen. “Dosis II dan booster yang masih kurang, bahkan sangat kurang untuk dosis II. Penyebab utama masih rendahnya jumlah warga yang divaksin dosis II dan booster, karena kesadaran masih kurang. Ada juga karena faktor kesehatan, tapi itu hanya sebagian kecil,” bebernya saat ditemui Kamis (4/8).

Harun Masirri mengatakan, saat ini pihaknya masih terus memaksimalkan vaksinasi untuk mencapai kekebalan kelompok. Bahkan, pihaknya juga telah bekerja sama dengan berbagai lembaga untuk kegiatan vaksinasi. “Kami bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara untuk layananan vaksinasi di kantor-kantor. Kegiatan ini telah dilaksanakan dan masih berlangsung,” ujarnya. Terkait ketersediaan dosis vaksin, kata Harun, pihaknya hanya menyediakan sesuai dengan kebutuhan. “Tidak bisa kami siapkan banyak, karena ada batas kedaluwarsanya. Jadi mubazir kalau disiapkan banyak, sementara yang datang vaksin sedikit,” jelasnya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan