oleh

Pembuatan 10 Juta Bendera Merah Putih, HIPMI Mubar Minta Pemkab Berdayakan Pengusaha Lokal

KENDARINEWS COM, MUBAR – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara mengharapkan melalui Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang digagas oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kemendagri dapat memberikan keuntungan bagi pengusaha lokal.

Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Mubar, Rusman Malik mengatakan dalam penjahitan Bendera Merah Putih tersebut sebaiknya pemerintah daerah melibatkan penjahit lokal. Hal ini bertujuan sebagai pemberdayaan terhadap pelaku usaha yang ada di Mubar.

“Di Mubar ini banyak pelaku usaha yang bergerak di bidang jasa tukang jahit. Jadi harapan saya pemerintah daerah dapat menggunakan jasa mereka dalam menjahit Bendera Merah Putih dalam Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. Saya kira ini sebagai salah satu bentuk pemberdayaan pengusaha lokal yang ada di daerah ini,” jelas Rusman via WhatsApp, Senin (01/08/2022).

Untuk itu, kata Rusman langkah yang dilakukan oleh Pemda Mubar adalah mendata jumlah tukang jahit. Dengan demikian dapat memudahkan pembagian tugas kepada tukang jahit.

“Langkah awal yang mesti dilakukan ialah mendata berapa pengusaha jasa tukang jahit yang ada di Mubar, agar pemerintah daerah mengkalkulasi setiap pelaku usaha dapat membuat berapa lembar Bendara Merah Putih,” sarannya.

Menurut Rusman kalau usulan tersebut diterima, maka Pemda cukup menyiapkan kain merah putih.

“Jadi Pemda cukup menyiapkan kain merah dan putih. Ukuran dan berapa lembar kain bendara Merah Putih akan dibuat oleh tukang jahit. Usulan ini sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” pungkasnya.

Untuk diketahui Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih akan dilakukan pada perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke – 77 yakni pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang. (bik)

Komentar

Tinggalkan Balasan