oleh

Dinkes Konawe Sebut 14 Warga Terpapar HIV/AIDS

KENDARINEWS.COM — Kasus penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kabupaten Konawe, cukup mengkhawatirkan. Dinas Kesehatan setempat mencatat 14 warga ditengarai terjangkit virus mematikan itu. Angka tersebut merupakan akumulasi kasus dari tahun 2021 sebanyak 12 orang, serta tahun 2022 sebanyak 2 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Konawe Mawar Taligana melalui Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan Penyakit Menular (PPM), Muhammad Hasrin mengatakan, 14 warga yang diduga terpapar HIV/AIDS kini menjalani pengobatan di salah satu rumah sakit (RS) ternama di Kendari.

“Mereka merupakan warga Konawe yang bekerja di luar daerah. Mereka telah menjalani pemeriksaan kesehatan alias screening oleh pihak medis dan menunjukan gejala positif,” paparnya. Usia mereka berkisar 30-40 tahun.

Dirinya menuturkan, HIV/AIDS merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi penyakit. Penderita akan mengalami gejala demam, batuk, gampang lelah dan kurangnya nafsu makan.

Muhammad Hasrin menyebut, hingga saat ini obat penawar penyakit HIV Aids belum ditemukan. Namun dengan pengobatan intensif oleh medis, setidaknya bisa memperlambat perkembangan virus tersebut.

“Penularan HIV Aids ini melalui darah atau jarum suntik yang pernah digunakan penderita, seks bebas atau berganti-ganti pasangan. Kita terus berupaya mengintensifkan sosialisasi agar masyarakat tetap wapada terhadap bahaya penyakit mematikan tersebut,” tandasnya. (adi/b).

Komentar

Tinggalkan Balasan