oleh

Tak Miliki Kursi di DPR RI, Parpol Diverifikasi Faktual

KENDARINEWS.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat (Mubar) mulai melakukan persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pilkada Serentak 2024. Salah satunya adalah kegiatan verifikasi partai politik (Parpol). Bagi Parpol yang tidak memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akan dilakukan verifikasi secara faktual.

“Jadi yang divaktual adalah partai-partai yang tidak memiliki kursi di DPR RI. Khusus untuk Parpol yang saat ini punya kursi di DPR RI hanya sebatas pada verifikasi administrasi. Ini berdasarkan Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu,” kata Ketua KPU Mubar, Awaluddin Usa saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (14/7).

Lanjutnya, saat ini sementara berlangsung tahap pendaftaran melalui Sisitim Informasi Partai Politik (Sipol). Selanjutnya pada 29 Juli sampai 13 Desember 2022 Parpol melalui Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing, akan melakukan pendaftaran langsung dengan menyetor dokumen lengkap ke KPU RI. Selanjutnya, maka turunlah dokumen hasil pendaftaran Parpol dari KPU RI ke KPU provinis dan KPU Kabupaten/Kota untuk dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

“Verefikasi faktual terkait dengan keanggotaan. Jumlah kepengurusan di kabupaten kota syaratnya 50 persen dari jumlah kecamatan. Berarti sebaranya di Mubar minimal enam kecamatan dengan keterwakilan perempuan 30 persen dari kepengurusan. Kemudian alamat kantor, dan nomor rekening partai,” terangnya.

Ia menambahkan, kewenangan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual ada pada KPU Kabupaten/Kota. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, verifikasi dilakukan oleh internal KPU tanpa melibatkan tim independen. “Terkait dengan Parpol yang akan di vaktual, kita belum tahu. Kita masih menunggu dokumen hasil pendaftaran Parpol dari KPU RI,” pungkasnya. (ahi)

Komentar

Tinggalkan Balasan