oleh

Stok Blangko KTP Penuhi Kebutuhan Tiga Pulau di Wakatobi

KENDARINEWS.COM — Pelayanan administrasi yang dilakukan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi pada tiga pulau, hampir tuntas. Kurang lebih sembilan hari lamanya, ketersediaan stok kartu tanda penduduk (KTP), masih cukup. Untuk pelayanan di Binongko, Tomia dan Kaledupa, memang disiapkan hampir 2.500 keping KTP. Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil Wakatobi, Condo, menjelaskan, saat ini memang ada enam unit paket perekaman KTP hingga server yang disediakan untuk melayani tiga pulau. Sehingga masyarakat setempat tidak perlu lagi ke Pulau Wangi-Wangi sebagai ibu kota kabupaten hanya untuk melakukan pengurusan dokumen kependudukan. Namun karena masih memersiapkan sumber daya manusia (SDM) dan lainnya, alat-alat tersebut masih belum difungsikan.

Olehnya itu, pihak Disdukcapil Wakatobi melakukan agenda tahunan yang selama ini sudah terjadwalkan. Pelayanan pada tiga pulau merupakan jadwal rutin yang setiap tahun terealisasi. Makanya, persiapan blangko KTP sangat penting karena merupakan salah identitas kependudukan yang paling dibutuhkan masyarakat. “Kita sementara melakukan pelayanan di tiga pulau. Mulai dari Binongko lalu Tomia dan terakhir di Kaledupa. Semua pelayanan kependudukan kita layani. Hanya memang ketersediaan stok KTP kami upayakan banyak. Karena kalau kartu keluarga (KK), akta lahir, akta kematian, pindah domisili dan lainnya, bisa diprint sendiri oleh masyarakat. Datanya dikirim lewat email. Atau kalau masyarakat minta juga bisa kita cetakkan. Sementara KTP harus ada blangko,” terangnya.

Sekadar diketahui, pihak Disdukcapil Wakatobi hanya menurunkan enam orang staf yang akan melayani tiga pulau ini. Pelayanan masing-masing pulau selama empat hari. Sementara pada kantor pusat di Pulau Wangi-Wangi tetap membuka pelayanan seperti biasa. (thy)

Komentar

Tinggalkan Balasan