oleh

Buka Tiga Jalur Pendaftaran, UHO Siap Tampung 8.855 Mahasiswa Baru

KENDARINEWS.COM — Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari kini siap menampung 8.855 mahasiswa baru (Maba) untuk penerimaan tahun ajaran 2022/2023. Total kuota ini disebar dalam beberapa jalur pendaftaran yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

Tahapan SNMPTN tinggal menunggu pengumuman pada 29 Maret mendatang. Tahap SBMPTN sementara menuntaskan pendaftaran akun dan untuk pendaftaran Ujian Tertulis Berbasiskan Komputer (UTBK) SBMPTN akan dilakukan pada 23 Maret hingga 15 April. Sementara itu untuk SMMPTN belum ada pengumuman resmi terkait pendaftaranya.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc

Rektor UHO Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc mengingatkan para calon Maba UHO, bahwa SNMPTN bukanlah satu-satunya jalur masuk untuk menambah ilmu di kampus hijau ini. Karena itu, bagi siswa yang tidak tercover dalam SNMPTN kelak, tetap siapkan diri untuk mengikuti seleksi lainya baik itu SBMPTN maupun SMMPTN untuk menempuh pendidikan di kampus pilihan adik-adik.

“Jadi pilihan masuk di UHO bukan saja SNMPTN tapi ada jalur lain dengan kuota yang berbeda-beda. Dimana dari total kuota UHO sebanyak 8.855 mahasiswa tahun ini, kota sudah porsirkan 30 persen untuk SNMPTN, 40 persen untuk SBMPTN dan 30 persen lagi untuk SMMPTN, ” kata Prof Zamrun.

Proses seleksi SNMPTN sudah dimulai sejak Januari 2022. Finalnya akan diumumkan pada tanggal 29 Maret 2022. “Insya Allah, dalam minggu-minggu ini akan dilakukan rapat finalisasi di Surabaya untuk membahas pengumuman SNMPTN, ” jelasnya.

Setelah SNMPTN selesai, nanti akan masuk di tahap SBMPTN. Registrasi melalui akun LTMPT. Untuk pendaftaran UTBK SBMPTN dimulai per 23 Maret sampai 15 April. Setelah tahapan pendaftarannya selesai akan langsung masuk pada tahap tes. “Tesnya itu dalam bentuk UTBK. Kita adakan dalam 3 gelombang. Pengumuman akan dilakukan serentak seluruh Indonesia pada 23 Juni 2022,”ujarnya. (b/rah)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed