oleh

Kejar KLA Utama, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Kota Kendari

KENDARINEWS.COM — Tahun ini, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir membidik Kota Layak Anak (KLA) predikat utama. Atas dasar itulah, pemerintah berupaya mengimplementasi lima klaster substantif konvensi hak anak yang tertuang dalam 24 indikator.

Lima klaster substansi konversi anak meliputi pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak, pemenuhan hak anak atas lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan, pemenuhan hak anak atas pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta yang terakhir perlindungan khusus anak.

“Untuk mewujudkan Kota Layak Anak ini, kita harus memastikan bahwa aktivitas mereka baik sarana maupun prasarana untuk mendapatkan ruang, bimbingan dan pendampingan bisa kita hadirkan, untuk itu yang harus kita pastikan dan kedepankan adalah kesempatan belajar anak-anak dalam mendapatkan pendidikan yang layak,” kata Sulkarnain Kadir.

Sumber : KLA.Id

Ketua Tim Gugus Tugas KLA Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan untuk mencapai KLA kategori selanjutnya, 24 indikator perlu dipenuhi. Yang mana, penjabarannya dikelompokkan dalam 5 klaster plus kelembagaan menyakut Perda, Keterlembagaan hingga keterlibatan masyarakat, dunia usaha dan media. “Kita usahakan bisa tercapai,” kata Ridwansyah Taridala

Sekedar informasi penghargaan KLA Tahun ini akan dilaksanakn pada 23 Juli tahun ini. Penghargaan bakal diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Saat ini penilaian dan evaluasi KLA masih dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat. (ags)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed