oleh

Produksi Cabai di Konawe Melimpah

-Konawe-93 Dilihat

KENDARINEWS.COM — Potensi produksi petani cabai di Konawe, melimpah. Satu hektar, menghasilkan 19-24 ton sekali musim panen. Tahun ini, potensi komoditas itu akan dimaksimalkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe dengan memberikan bantuan bibit serta pestisida kepada petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Konawe, Gunawan Samad mengatakan, cabai menjadi salah satu komoditas pertanian di Konawe dengan prospek yang sangat baik, disamping komoditas utama, beras. Pemkab akan memperhatikan kelangsungan nasib para petani cabai.

Kadis TPHP Konawe Gunawan Samad (dua dari kiri) beserta stafnya melakukan panen cabai di Desa Unaasi Jaya, Kecamatan Abuki.

“Kita akan dukung para petani cabai di Konawe. Lembaganya akan memberikan bibit dan pestisida supaya budidaya cabai dapat berkembang dengan baik. “Sebagian wilayah di Konawe saat ini menjadi kawasan pengembangan budidaya cabai. Di antaranya, Kecamatan Abuki, Uepai dan Onembute. Ada juga yang dikenal sebagai Kampung Cabai. Yakni, Kecamatan Pondidaha, Wonggeduku, serta Lambuya.

“Kampung Cabai ini merupakan bantuan langsung dari aspirasi Fachry Pahlevi Konggoasa, Anggota DPR RI,” beber mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konawe itu.

Selain bibit dan pestisida, para petani juga mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI berupa alat pengolah cabai. Alat itu digunakan untuk mengelola cabai menjadi saus dan bubuk. Dengan demikian, jika sewaktu-waktu harga cabai menurun, para petani tidak akan mengalami kerugian yang besar.

“Ini solusi untuk petani jika harga cabai turun. Alat ini bisa digunakan untuk mengelola cabai menjadi saus dan bubuk cabai,” pungkasnya. (adi/b)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed