Mall Pelayanan Publik Kendari Diresmikan 9 Mei

KENDARINEWS.COM — Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Kendari bakal diresmikan 9 Mei. Dalam MPP, terdapat 15 layanan administrasi yang bisa diakses masyarakat. Semua serba mudah dan simpel. Urusan administrasi tidak lagi ribet.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, kehadiran mall pelayanan publik sangat penting dalam rangka mendekatkan layanan kepada masyarakat. Ia mencontohkan beberapa layanan yang bisa diakses masyarakat. Diantaranya: layanan administrasi kependudukan (adminduk), perizinan, pasport, Surat Izin Mengemudi (SIM) dan termasuk layanan lembaga perbankan. “Ini wujud komitmen dan kesungguhan kita memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Insya Allah, pada HUT Kota Kendari 9 Mei nanti, Mall Pelayanan Publik kita akan launching,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (dua dari kanan) saat meninjau pembangunan Mall Pelayanan
Publik (MPP) Kota Kendari.

Lanjut dia, kehadiran MPP ini juga bagian dari tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor : 89 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan MPP. Untuk itu, pihaknya mendukung penuh kehadiran MPP Kota Kendari. Salah satu dukungannya yakni dengan membuka layanan setiap hari. “Khusus OPD pelayanan seperti Dukcapil, Bapenda, dan PTSP, akan dibuka layanan tujuh hari seminggu. Jadi, masyarakat tidak perlu menunggu,” jelasnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berharap, kehadiran MPP bisa membantu masyarakat yang ingin mengakses layanan pemerintah. Sekaligus memutus rantai layanan birokrasi yang berbelitbelit. “Sudah bukan zamannya masyarakat dipersulit, direpotkan. Layanan publik harus dihadirkan secara setara, kepada siapapun masyarakat yang membutuhkan pelayanan tersebut,” terangnya.

Untuk diketahui, total ada 15 instansi vertikal/ lembaga/ Polres/BUMD/BUMN/Swasta penyelenggara perizinan yang akan mengisi Mall Pelayanan Publik Kota Kendari meliputi Ikatan Notaris Indonesia, Ikatan Arsitek Indonesia, Polres Kendari, PDAM Tirta Anoa, BPJS Ketenagakerjaan, PT. Pos Indonesia, BPOM Kendari, BRI, PT. Pegadaian, Bank Sultra, Kantor Imigrasi Kelas I Kendari, BPS, Kantor Kemenag, BPN, dan KPP Pratama Kendari. (b/ags)

Tinggalkan Balasan