1.646 Pasien Covid di Kendari Sembuh

KENDARINEWS.COM — Angka kesembuhan warga terpapar Pandemi Covid-19 menunjukan tren positif. Dinas Kesehatan Kendari mencatat 1.646 pasien Covid telah sembuh. Tersisa 172 kasus aktif, jumlah itu menurun jika dibandingkan Februari 2022 yang menembus 1.820 kasus. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, penurunan kasus saat ini dipengaruhi oleh meningkatnya angka kesembuhan pasien baik yang menjalani isolasi mandiri maupun rawat inap di rumah sakit. “Masyarakat yang terpapar terus dipantau kondisi kesehatannya. Kebutuhan mereka dipantau oleh Puskesmas terdekat mulai dari kebutuhan gizi dan obat-obatan sehingga mereka cepat pulih. Begitupun yang menjalani perawatan di rumah sakit. Itu diperhatikan betul kondisinya,” kata Sulkarnain Kadir.

Ilustrasi (net)

Ia tak menampik jika penularan Covid-19 terutama varian omicron sangat cepat. Hanya saja, untuk penyembuhan juga terbilang cepat, asalkan masyarakat mematuhi aturan yang berlaku, termasuk mendapatkan vaksinasi. “Saya sarankan seluruh masyarakat harus mengikuti program vaksinasi. Karena hanya cara itulah kita bisa terlindungi dari penularan Covid-19 atau minimal kita tetap terjaga dari gejalanya jika memang harus terpapar,” kata Sulkarnain Kadir.

Meski kasus menurun, politisi PKS itu meminta masyarakat tetap berdisiplin protokol kesehatan (prokes) agar terhindar dari penularan wabah yang menyerang sistem pernapasan itu. Senada, Kepala Dinkes Kendari, drg. Rahminingrum mengungkapkan, penurunan jumlah kasus aktif di Kendari tak lepas dari meningkatnya angka kesembuhan pasien Covid-19. Kesembuhan tersebut salah satunya didukung oleh pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat. Rahminingrum menjelaskan, pemberian vaksin sangat penting untuk melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. “Jika pun terpapar, kita tidak akan merasakan gejala berat. Seperti sesak napas yang bisa berujung pada kematian,” ungkapnya. Sekadar informasi, 2 korban meninggal akibat terpapar. (ags/b)

Tinggalkan Balasan