Pemkab Wakatobi Prioritaskan Aspirasi Masyarakat

KENDARINEWS.COM — Penjaringan aspirasi masyarakat yang akan menjadi program kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, terus dilakukan melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang). Setelah di Binongko dan Tomia, kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan tersebut juga dihelat di Pulau Kaledupa.

Selain dihadiri Bupati Wakatobi, Haliana, kegiatan ini juga turut disaksikan Wakilnya, Ilmiati Daud. Halian menegaskan, aspirasi masyarakat yang ada menjadi skala prioritas dan akan mendapat perhatian dalam perencanaan program ke depan. Hanya saja Haliana menekankan, semuanya akan menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Apalagi saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Sementara diketahui juga anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Wakatobi tahun 2022 ini mengalami pengurangan hingga Rp 86 miliar. “Meskipun APBD kita tahun ini termasuk semua daerah di Indonesia mengalami penurunan, kita akan tetap menyesuaikan. Intinya, tujuan menyerap aspirasi dalam Musrenbang untuk kesejahteraan masyarakat.

Musrenbang tingkat kecamatan yang digelar Pemkab Wakatobi dan dihadiri langsung Bupati Wakatobi, Haliana. Meski anggaran minim akibat refocusing, namun Pemkab tetap akan
mengupayakan pembangunan berskala prioritasi

Skala prioritas akan menyesuaikan dengan anggaran,” ungkap Haliana, Jumat (4/3). Meski pengurangan anggaran adalah kebijakan nasional, namun Pemkab Wakatobi patut bersyukur. Mengingat masih menjadi perhatian Pemerintah Pusat khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). “Meskipun APBD turun, tapi kita bersyukur karena dana alokasi khusus (DAK) Wakatobi masih yang tertinggi dari semua daerah di Sultra. Kemudian kita masih optimis, aspirasi masyarakat skala priortas menjadi perhatian pemerintah,” tandasnya. (b/thy)

Tinggalkan Balasan