UMK Gelar Baitul Aqram Pimpinan

KENDARINEWS.COM — Universitas Muhammadiyah Kendari menyelenggaran Baitul Arqam Pimpinan (BAP) lingkup UM Kendari di balai Pengembangan  Pendidikan PAUD Sultra. Kegiatan ini bertema  “Peneguhan Ideologi untuk Soliditas dan Kolaborasi Menuju Akreditas Unggul” ini bakal berlangsung selama tiga hari, mulai 18 sampai 20 Februari 2021.

Ketua Panitia kegiata Baitul Aqram UM Kendari, Saimuddin, mengatakan pelaksanaan tersebut sebenarnya sudah terlambat. Hal ini karena ada beberapa alasan, sehingga kegiatan ini sempat tertunda. “Kegiatan ini adalah angkatan pertama, dan selanjutnya akan ada tahap selanjutnya,” kata Saimuddin, Jumat (18/2).

Suasana Kegiatan Baitul Arqam Pimpinan (BAP) lingkup Universitas Muhammadiyah Kendari di balai Pengembangan  Pendidikan PAUD Sultra yang berlangsung selama tiga hari (18 sampai 20) Februari 2021.

Saminudin memaparkan kegiatan BAP ini dihadiri 38 orang pimpinan Universitas Muhammadiyah Kendari. Bahkan ada juga peserta yang akan bermalam selama pelaksanaan kegiatan tersebut. 

“Dalam pelaksanaan ini tidak boleh ada yang pulang, kecuali kalau dalam kondisi tidak sehat, dan yang paling penting selama kegiatan ini, protokol kesehatan tetap menjadi perhatian kita bersama,”ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Majelis Pendidikan Kader PWM Sultra, Mustam menuturkan bahwa, tujuan perkaderan ini untuk memperkuat ideology persyarikatan Muhammadiyah. 

“Meskipun peserta yang hadir, sudah ada yang pernah mengikuti perkaderan Muhammadiyah, namun pada kegiatan ini adalah untuk mecas kembali pengetahuan-pengetahuan kita selama ini, termasuk mengupdate informasi-informasi terkini, untuk kemajuan persyarikatan Muhammadiyah,” jelasnya.

Suasana Kegiatan Baitul Arqam Pimpinan (BAP) lingkup Universitas Muhammadiyah Kendari di balai Pengembangan  Pendidikan PAUD Sultra yang berlangsung selama tiga hari (18 sampai 20) Februari 2021.

Sementata itu, Ketua MPK PP Muhammadiyah, Ust. Faiz Rafahi, berpendapat bahwa jika ada pimpinan amal usaha yang jarang melakukan kegiatan Baitul Arqam maka cenderung berpotensi konflik yang dipengaruhi pemahaman keagamaannya kurang. 

“Sedangkan yang rutin melakukan kegiatan BA relative baik pengelolaannya. Salut terhadap Universitas Muhammadiyah Kendari, yang sudah berupaya melakukan perkaderan, dan kita berharap perkaderan ini terus dilakukan oleh UM Kendari, bahkan kalau perlu buat perkaderan instruktur se- Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah,” Terang Ust Faiz Rafahi.

Di melanjutkan, bila masih ada  pimpinan PTM yang  tidak mau mengikuti kegiatan Baitul Arqam, maka yakin dalam kegiatan-kegiatan yang ada di PTM tidak akan berpihak kepada persyarikatan Muhammadiyah. “Sehingga kegiatan Baitul Aqram ini memang sangat penting untuk diikuti, ” pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Majelis Pendidikan Kader  Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. Faiz Rapahi, M.Kom  dan Supala, M.Ag, Ketua Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sultra Mustam, S.P., M.M, Ketua Badan Pembina Harian UMK Drs. H. La Ode Khalifa, M.Si dan Para Instruktur Peserta Pimpinan UMK seperti Wakil Rektor UM-Kendari, para Dekan, Kepala Biro, Kepala Lembaga lingkup UMK dan Ketua Program Studi lingkup UMK. (rah)

Tinggalkan Balasan