BEM Unsultra Gandeng DEM Sultra Wujudkan Kedaulatan Energi

KENDARINEWS.COM — Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) kini membuat langkah maju, melihat potensi energi dan sumber daya mineral yang tentu amat potensial di wilayah Bumi Anoa. Bahkan kali ini, Unsultra menggandeng mitra dalam hal ini Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Sultra, dalam upaya mewujudkan kedaulatan energi.

Hal ini dilakukan melalui seminar nasional dengan mengangkat tema, peta panjang energi nasional dan masa depan investasi di Sultra demi terwujudnya kedaulatan energi negeri.

Seminar Nasional Sultra Collaboration Energi Forum yang digelar BEM Unsultra berkolaborasi dengan DEM Sultra, yang digelar secara Blendid (Online dan Offline).

Gubernur Sultra, Ali Mazi yang diwakili Asisten III Administrasi Umum, Sukanto Toding mengatakan, kegiatan ini tentu amat baik, sebab ini sebagai bentuk respon positif para generasi milenial dari kegalauan negeri tercinta atas kelangkaan energi.

“Apalagi, dengan semakin terbatasnya energi fosil, seperti minyak, gas dan batubara ini tentu akan sangat berdampak kedepannya bila tak segera diatasi,” kata mantan Kepala Balitbang itu.

Dia menerangkan, saat ini tekanan tentu makin beragam dan bertambah, karena adanya isu global tentang pengurangan emisi gas rumah kaca.

“Bila krisis energi terjadi maka akan membuat pembangunan terhambat. Sebab segala sektor kehidupan dan pembangunan penggeraknya tak lain adalah energi,” ujarnya.

Ia pun berharap, kegiatan itu akan menjadi berkah khususnya untuk Sultra dan secara umum untuk Indonesia dalam membangun kemandirian dan ketahanan energi nasional.

“Sebab meski kita kaya akan sumber daya alam, namun bila tak dapat dimanfaatkan secara maksimal itu akan sia-sia. Kita berharap kegiatan ini dapat menjadi pendorong salah satu kekuatan ekonomi Indonesia di masa kini dan masa yang akan datang,” harapnya.

Ditempat terpisah, Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengaku amat mengapresiasi kegiatan yang telah digelar BEM Unsultra. Sebab ini menjawab persoalan negeri saat ini. Apalagi sumber daya energi memang perlu mendapatkan perhatian yang serius dan sungguh-sungguh dari semua kalangan.

Apalagi, Sultra yang memiliki potensi yang sangat besar dari segi energi. Bahkan Sultra juga memiliki cadangan minyak bumi yang kini belum terekploitasi.

“Kita di Sultra juga memiliki energi baru dan terbarukan antara lain energi bahan emas dan energi panas bumi. Tentu , kita cukup kaya akan ini, namun bukan hanya itu saja yang menjadi tantangan, tapi kini tantangan yang bagaimana mengelola dan memanfaatkan ini bisa menjadi nilai tambah untuk perekonomian Sultra,” ujarnya.

Unsultra sebagai institusi pendidikan, kata Prof. Bahrun akan selalu ikut berkontribusi untuk mewujudkan pengelolaan Sumberdaya Daya Alam (SDA) demi membawa kesejahteraan dan peningkatan daya saing menuju Indonesia maju. “Ini tentu akan terus kita dorong, ” tutupnya.

Sementara itu, Ketua BEM Unsultra, Hasir mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara pihak BEM Unsultra dan DEM Sultra. Dimana jumlah peserta dalam giat ini sebanyak 60 orang yang terdiri dari mahasiswa dan ketua-ketua BEM se-Sultra.

“Semoga dengan pemilihan tema dalam kegiatan ini, ke depannya bisa berkolaborasi dengan pihak pemerintah daerah,”harapnya. (rah)

Tinggalkan Balasan