DLH Wakatobi Rekrut Ratusan Tenaga Kebersihan


KENDARINEWS.COM — Sejumlah tenaga kebersihan yang kinerjanya dinilai kurang maksimal, tak difungsikan lagi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Wakatobi. Sebagai gantinya, pihak instansi tersebut merekrut ratusan orang sebagai pengganti sekaligus menambah personel yang bertugas di lapangan. Jika tahun lalu seluruh perangkat petugas kebersihan berjumlah 586 orang, maka pada 2022 ini meningkat menjadi 622 personel.

Kepala DLH Wakatobi, Jaemuna

Penambahan jumlah anggota ini menurut Kepala DLH Wakatobi, Jaemuna, untuk persiapan rencana kunjungan Presiden RI ke Wakatobi, juga agar wilayah Kecamatan Wangi-Wangi dan Wangi-Wangi Selatan selalu bersih setiap hari. Para honorer yang sebelumnya diberhentikan, diganti dengan tenaga yang diharapkan mampu dan selalu siap bekerja di lapangan. “Tidak semua petugas kebersihan diganti. Hanya sebagian saja, itupun bukan bagi petugas teknis. SK untuk honorer baru khusus tenaga kebersihan yang telah keluar untuk tahun 2022 diakui banyak yang berubah. Yang teknis, terutama di pengangkutan sampah, itu orang lama. Tapi kalau petugas yang khusus menyapu dan tidak butuh keterampilan rumit, itu banyak berubah,” argumen Jaemuna, Kamis (3/2).

Untuk 622 petugas tersebut ditempatkan di Pulau Wangi-Wangi pada dua kecamatan baik di Wangi-Wangi dan Wangi-Wangi Selatan. Wilayah-wilayah yang punya banyak sampah termasuk kiriman dari pantai, kata Jaemuna, ditempatkan banyak petugas kebersihan. “Tapi kalau wilayah yang tidak banyak sampah seperti di gunung, itu hanya sekitar dua sampai empat orang. Namun, sebelum menjalankan tugasnya, para personel kami breafing terlebih dulu. Jadi harus teratur dan terarah. Kita inginkan petugas yang bekerja ini selalu siap dan mau bekerja apalagi di lapangan. Semoga dengan ini semakin lebih baik lagi,” harapnya. (c/thy)

Tinggalkan Balasan